Skip to main content

Catering : How to choose the right one?

Assalamualaikum.

Halo semuaaaaa..
Berbekal dari pengalaman saya kemarin persiapin pernikahan tanpa WO, banyak yang nanya ke saya, gimana caranya pilih catering yang sesuai?

Hal yang paling penting menurut saya adalah :
1. Jumlah Undangan
Jumlah orang yang diundang sangat berpengaruh terhadap porsi catering. Jika jumlah undangan sudah fix, barulah bisa dikira-kira, akan mengambil paket untuk berapa orang. Jika undangan ada 400, berarti harus mempersiapkan catering untuk 800 orang. Jika jumlah undangan ada 500, berarti harus mempersiapkan catering untuk 1000 orang

2. Budget
Jika sudah tau berapa orang yang diundang, barulah bicara ke budget. Bicarakan dulu tentang budget untuk catering kepada calon suami serta orangtua. Harus ada persetujuan dari semua pihak tentang budget biar ga ada salah paham. Misalnya harus cari catering dengan rentang 50-55 juta, atau 55-60 juta, 65-70 juta, begitu seterusnya tergantung budget yang disediakan.

3. Rekanan Gedung
Pilih catering yang rekanan dengan gedung agar tidak dikenai charge tambahan. Gedung menyediakan berbagai macam brosur catering. Ambil saja semua, lalu pilih kembali di rumah.

4. Familiar
Dari semua brosur catering, pilih saja yang namanya familiar. Atau sudah pernah dipakai oleh saudara/tetangga/teman. Jika blank sama sekali? Tanya ke gedung, catering apa yang sering perform di gedungnya. Misal dapat jawaban catering A-B-C-D, nah silakan hubungi marketing-nya serta minta harga penawaran. Kalo harga penawaran cocok, susun deh jadwal testfood. Jangan sungkan bandingin harga tiap catering. Boleh cari yang murah tapi jangan murahan! 

5. Test Food
Nah ini salah satu bagian paling penting dalam milih catering. Harus bener-bener dicobain makanan semua, dari buffet hingga gubukan. Dari testfood, ketauan lah mana makanan yang jadi andalan, mana yang rasanya biasa aja. Boleh ajak personil agak banyak kalo testfood biar bisa gantian icip-icip. Dan harus ajak orang yang bener-bener tau rasa enak dan engga. Dari testfood ini ketauan lah performa catering (tidak hanya makanan, tapi juga dekorasi, serta make up pengantin). Silakan tanya ke marketing tentang ini serta lakukan observasi yang detail :

Catering
a. Waiter bekerja rapi atau tidak?Piring kotor segera diangkat atau tidak?Sigap atau tidak?
b. Pakai seragam atau tidak?
c. Piring bersih atau tidak?
d. Rasa makanan konsisten atau tidak?Tekstur makanan?Segar atau tidak?
Dekorasi
a. Dekorasi pelit bunga atau tidak?
b. Apakah pelaminan variatif?Atau pelaminan itu-itu saja?Jika ingin pelaminan baru,ditambah charge atau tidak?
c. Standing flower?Hitung ada berapa, dikenai charge atau tidak jika ingin tambah?
Salon rekanan & Make up
a. Apakah catering punya salon rekanan? Atau menawarkan seluruh paket all in one
Saya pribadi lebih suka memilih catering yang punya salon rekanan banyak, karena konsumen bisa menentukan pilihan yang sesuai (make up yang sesuai, baju yang sesuai). Jika catering all in one (rias di tempat yang sama), khawatir banyak yang tidak sesuai, dari make up hingga keterbatasan baju pengantin.
b. Apabila catering punya rekanan salon, apakah dikenai charge lagi atau tidak?
Saya cari yang tidak dikenai biaya tambahan apa-apa lagi.
c. Dandanan soft atau menor? (ini sesuai selera)
d. Apakah salon sudah modern atau masih dengan gaya kuno?
Saya sih kemarin cari salon rekanan yang up to date sama perkembangan riasan hijab(seperti pakai inner ninja, bukan ciput tinggi-ini selera ya)


Dan yang terakhir, jangan sungkan minta bonus sama catering. Jangan sungkan untuk nanya sama catering tentang menu apa yang oke, salon apa yang oke, mc mana yang oke, dll. Saya juga suka dengan catering yang tidak mengenakan banyak biaya tambahan bagi konsumen. Soalnya ada beberapa catering yang membebankan biaya kepada konsumennya diluar paket yang sudah dibayar. CMIIW.

Pegel juga ngetik sekian banyak. Semoga manfaat ya semua. Inget, pilih catering yang murah, boleh, asal jangan murahan! Goodluck Brides to be!

Wassalamualaikum.


Comments

  1. haloo, lagi blogwalking aja dan nemu blog kamu. terima kasih sharingnya huehee
    gue baru akan nikah akhir tahun ini dan masih bingung cari catering. seneng nemu blog ini, lumayan ngebantu krn gue orang bekasi juga :D
    salam kenal!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hei intan, salam kenal! makasih udah mampir.
      you are most welcome, alhamdulillah kalo blog ini bermanfaat.
      goodluck for your day ya!

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Testpack : (finally) Dua garis

Assalamualaikum. #latepost Jadwal haid saya emang ga teratur, kadang mundur, kadang maju. Tapi untuk belakangan ini jadwal haid saya selalu maju. Saya juga pelupa banget, sampe akhirnya donlod aplikasi kalender pengingat jadwal haid. Jadwal haid saya bulan lalu di tanggal 10 Februari, estimasi tanggal haid saya di bulan Maret ini seharusnya sekitar tanggal 8/9 Maret.  Saya iseng testpack tanggal 8 Maret 2013, tapi hasil testpack negatif. Ya saya langsung buang lah. Saya cerita sama suami saya. Eh dia bilangnya gini "setiap kali km testpack, kok aku ga pernah ditunjukkin hasilnya ya". Lah ternyata si pak suami mau tau toh, haha. Baiklah besok-besok akan saya tunjukkin. Tanggal 11 Maret 2013 malam, saya belum haid juga. Payud*ra sih udah ngilu-ngilu, perut juga udah kram banget. Saya udah ngira kalo saya akan haid segera. Tapi pas pulang kuliah malem, saya minta anter ke K-24 dulu buat beli testpack. Saya beli dua testpack, yang murah dan yang lebih mahal biar ga s

Review : RS Hermina Bekasi Barat

Assalamualaikum Kalo yang orang Bekasi, pasti top-mind RS buat melahirkan dan periksa kandungan ya pasti RS Hermina. Soalnya dokter-dokter kandungan di RS ini banyak pilihan, dari dokter junior sampe dokter senior. RS Hermina ini juga punya 3 cabang di Bekasi. RS Hermina Bekasi, adanya di Bekasi Barat . Ini RS Hermina yang terlama di Bekasi. Yang kedua, RS Hermina Grand Wisata, yang lebih deket sama tol Bekasi Timur atau Tol Tambun. Yang terakhir, RS Hermina Galaxy, yang menjangkau selatan-nya Bekasi. Keren kan? Yang suka nge-bully Bekasi, sini mampir.. Bekasi ga kekurangan fasilitas RS loh :)  Yang mau saya review, RS Hermina Bekasi Barat yaa, kebetulan saya kontrol kandungan disini. Sempet nginep 3 hari dua malam juga hahaha. Meskipun beberapa kali ke RS Hermina Grand Wisata yang lebih deket sama rumah saya. Oiya, jadi mau review dikit tentang RS Hermina ini, ga detail-detail amat yak, soalnya kan belum sefasih yang udah pernah lahiran disini :) Plus : 1. Dokter kandun

Infus Zat Besi : Katanya sih ga sakit

Assalamualaikum Waktu usia kehamilan 9w4d di tanggal 1 Desember, saya kontrol ke dokter Yudit kan ya. Nah, di sesi konsultasi, dokter Yudit minta saya untuk segera infus zat besi karena hasil lab ferritin saya ga optimal. Ferritin? Penyerapan zat besi. Di orang normal angkanya 90, di saya cuma 49. Jadilah, saya berencana infus di akhir minggu. Menurut dokter Yudit, infus zat besi ini ga bakal lama, paling cuma sejam dua jam, jadi ga bakal nginep di RS. Okelah kalo begitu.  #throwback  7 Desember 2014 Hari ini udah rencana banget mau ke RS Hermina Grand Wisata yang deket rumah untuk infus zat besi. Kata dokter Yudit, infus zat besi ga harus di Hermina Bekasi, boleh dimana aja. Toh dokter Yudit udah ngasih keterangan di buku periksa saya. Jadi, rencana awal, sore-sore bakal ke Hermina deket rumah lah. Sepagiannya, saya masih sibuk ngerjain paper UTS karena harus dikumpul besok. Terus siang-siang udah jadi separo lah draftnya, terus karena kecapean plus pusing, itu dra