Skip to main content

37 Weeks : Kunjungan terakhir ke obgyn?

Assalamualaikum

Hai semua..Saya lagi deg-degan nungguin kedatangan bayiik..Udah sempet ngerasaian kontraksi palsu belakangan ini. Mules dikit terus ilang. Mamas yang udah mulai stres, hahaha. Dia berat bener tiap mau berangkat kerja. Kesian kayaknya sama istrinya yang sendirian di rumah, padahal hamil gede udah mau brojol.

Jadi ceritanya, Rabu lalu, tanggal 10 Juni, saya memutuskan untuk kontrol kandungan lagi. Setelah dua minggu lalu kontrol. Sebenernya belum tepat dua minggu, masih kurang dua hari. Berhubung males kontrol di hari Jumat/Sabtu, jadi memutuskan milih daftar di hari Rabu. Telp ke Hermina, dapet no antrian 33. Agak bingung sih, tumben amat Rabu rame. Dokter Yudit praktek pukul 3-5 sore. Pas hari Rabu, saya berangkat ke RS pukul 4 sore. Saya sengaja berangkat agak sore dengan harapan dipanggil ke ruangan dokter abis Maghrib, biar Mamas bisa nemenin. Saya berangkat sendirian ke RS, pake taksi. Mamas ga bisa cuti apalagi izin, jadilah janjian ketemu di Hermina aja. Saya sampai di Hermina pukul 5 kurang. Timbang Tensi, berat saya cuma naik 800 gram saja dari dua minggu lalu. Tensi normal alhamdulillah. Begitu daftar ulang, shock banget dapet no 35. Sampe di ruang tunggu, haaaaah, ruang tunggu full sampe susah cari kursi. Nunggu sejaman, baru Mamas sampe RS. Terus, saya minta tolong Mamas liatin no antrian. Sampe maghrib, no antrian baru di angka 15. Bhayyy..

Saya sama Mamas memutuskan untuk sholat Maghrib dulu, terus cari makan keluar. Selesai makan sekitar pukul 7, lalu kami kembali lagi ke ruang tunggu. Sejam, dua jam, tiga jam, 4 jam nunggu. Setiap pasien kok tumben amat lama diperiksanya, begitu saya liat-liat, aaah ternyata hari itu banyak pasien rujukan (terlihat dari map periksa). Akhirnya pukul 11 malam, no antrian saya baru dipanggil. Mata udah setengah merem-merem pas nunggu antrian itu. Sampe di ruangan dokter, saya langsung ngadu ke dokter Yudit "dokterr..tumben amat antrinya lama". Dia cuma bilang "Maaf ya bu..hari Sabtu kemarin saya ga praktek soalnya"--> it means pasien hari Rabu adalah pasien yang seharusnya datang di Sabtu. Terus, dokter Yudit masih inget tentang Herpes saya, dia bilang "Gimana bu herpesnya?Udah ilang?"..Haha dia mengingat saya sebagai ibu-ibu kena herpes, soalnya pernah gangguin dokter di luar jam prakteknya.

Saya langsung berbaring di tempat periksa. Diolesin gel di perut sama dokter (susternya lagi keluar, jadi tumbenan si dokter yang ngolesin), terus mulai periksa-periksa. Eh malah diajakin ngobrol "Udah mules-mules belum bu? Cmooon, ayo lahir" --> canggih yak, 37w udah disemangatin buat lahir. Periksa detail banget kemarin itu. Posisi Lilov udah oke, udah di panggul. Detak jantung oke. Terus ukur panjang kaki, panjang paha, semua dalam grafik normal. Dokter Yudit beneran ngeliatin grafik pertumbuhannya loh, pinter banget pokoknya itu dokter. Ditunjukkin juga otak kecil otak besar, alhamdulillah normal semua. Saya juga nanya berat Lilov ke dokter Yudit. Alhamdulillah berat Lilov 2996 gram. Aaah anak bageuuurrr, dalam dua minggu naik 700 gram. Jadi pertambahan berat saya, masuk ke Lilov semua. Dua minggu lalu, Lilov masih 2300 gram, itu bikin saya agak khawatir. Terus setiap hari saya ajak dia ngobrol kayak gini "Nak, ayo dimakan ya apa yang Bubu makan. Abang serap semua ya nak. Bubu mau berat abang cukup kalo mesti lahir dalam waktu dekat"-> anak bageur, dengerin Bubu. Terus panjangnya udah 50 cm. Yayyy, target tercapai.

Oiya pas periksa kemarin, Lilov masih bangun. Jadi pas di USG dia melek. Mungkin dia mau menghibur Ayah dan Bubu yang udah antri 6 jam. Haha. Oiya, kami juga kebagian senyuman manis dari si bayik. Ah kamu menyenangkan sekali nak :') Saya juga langsung nanya ke dokter 
P : dok, saya harus kontrol lagi kapan?
D : nanti ajalah kalo 40 minggu belom lahir. ketemu di ruang persalinan aja ya bu.
P : *mendadak mellow*

Jadi menurut dokter Yudit, saya ga perlu kontrol lagi minggu depannya. Padahal di dokter lain mesti kontrol seminggu sekali begitu usia kehamilan 36w. Saya cuma diresepkan vitamin kayak biasa plus dosis kalsium ditambah. Saya cuma nanya-nanya sebentar abis di USG itu, saya nanya gimana rasanya kontraksi, dan gimana ciri kontraksi. Susternya yang jawab lebih detail, haha, maklum deh yaa kan dokternya belum pernah lahiran :p Dokter Yudit juga ngingetin, kalo saya udah mules, mesti telp dia, jangan WA! Oiya, sebelum pulang, dokter nawarin kami untuk copy CD tentang rekaman Lilov dari kecil :')

Pulang dari RS, saya mellow rasanya. Tau-tau ga berasa udah mau lahiran aja. Padahal kayaknya baru kemaren kebingungan liat testpack, sekarang lagi nungguin bayik di perut. Bakalan kangen sama rutinitas nelp RS-antri dokter berjamjam-liat layar USG. Bakalan kangen juga sama dokternya, huahaha *dirajam Mamas*. Jangan sampe kangen hamil dalam waktu dekat, haha.

Dear temen-temen, titip doa yaa biar saya sama Lilov dikasih sehat plus lancar untuk proses persalinan (yang belum tau waktunya kapan, hihi). Kayaknya kalo sampe Sabtu ini belum mules, mau kontrol lagi aja :)) 

Wassalamualaikum  


Comments

  1. aaaahhhh........bayiiiiikkkk..
    sehat sehat yaaahh, sampai berjumpa di dunia .. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa ontyyy..makasiii..nanti ketemuan pas lilov udah lahir yaa :*

      Delete
  2. semoga diberi kemudahan dan kelancaran ya mba Puut, Amiin!
    lilov jadi anak pinter yaa, kerja sama dengan bubu nya di persalinan nantiii :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Testpack : (finally) Dua garis

Assalamualaikum. #latepost Jadwal haid saya emang ga teratur, kadang mundur, kadang maju. Tapi untuk belakangan ini jadwal haid saya selalu maju. Saya juga pelupa banget, sampe akhirnya donlod aplikasi kalender pengingat jadwal haid. Jadwal haid saya bulan lalu di tanggal 10 Februari, estimasi tanggal haid saya di bulan Maret ini seharusnya sekitar tanggal 8/9 Maret.  Saya iseng testpack tanggal 8 Maret 2013, tapi hasil testpack negatif. Ya saya langsung buang lah. Saya cerita sama suami saya. Eh dia bilangnya gini "setiap kali km testpack, kok aku ga pernah ditunjukkin hasilnya ya". Lah ternyata si pak suami mau tau toh, haha. Baiklah besok-besok akan saya tunjukkin. Tanggal 11 Maret 2013 malam, saya belum haid juga. Payud*ra sih udah ngilu-ngilu, perut juga udah kram banget. Saya udah ngira kalo saya akan haid segera. Tapi pas pulang kuliah malem, saya minta anter ke K-24 dulu buat beli testpack. Saya beli dua testpack, yang murah dan yang lebih mahal biar ga s

Review : RS Hermina Bekasi Barat

Assalamualaikum Kalo yang orang Bekasi, pasti top-mind RS buat melahirkan dan periksa kandungan ya pasti RS Hermina. Soalnya dokter-dokter kandungan di RS ini banyak pilihan, dari dokter junior sampe dokter senior. RS Hermina ini juga punya 3 cabang di Bekasi. RS Hermina Bekasi, adanya di Bekasi Barat . Ini RS Hermina yang terlama di Bekasi. Yang kedua, RS Hermina Grand Wisata, yang lebih deket sama tol Bekasi Timur atau Tol Tambun. Yang terakhir, RS Hermina Galaxy, yang menjangkau selatan-nya Bekasi. Keren kan? Yang suka nge-bully Bekasi, sini mampir.. Bekasi ga kekurangan fasilitas RS loh :)  Yang mau saya review, RS Hermina Bekasi Barat yaa, kebetulan saya kontrol kandungan disini. Sempet nginep 3 hari dua malam juga hahaha. Meskipun beberapa kali ke RS Hermina Grand Wisata yang lebih deket sama rumah saya. Oiya, jadi mau review dikit tentang RS Hermina ini, ga detail-detail amat yak, soalnya kan belum sefasih yang udah pernah lahiran disini :) Plus : 1. Dokter kandun

Infus Zat Besi : Katanya sih ga sakit

Assalamualaikum Waktu usia kehamilan 9w4d di tanggal 1 Desember, saya kontrol ke dokter Yudit kan ya. Nah, di sesi konsultasi, dokter Yudit minta saya untuk segera infus zat besi karena hasil lab ferritin saya ga optimal. Ferritin? Penyerapan zat besi. Di orang normal angkanya 90, di saya cuma 49. Jadilah, saya berencana infus di akhir minggu. Menurut dokter Yudit, infus zat besi ini ga bakal lama, paling cuma sejam dua jam, jadi ga bakal nginep di RS. Okelah kalo begitu.  #throwback  7 Desember 2014 Hari ini udah rencana banget mau ke RS Hermina Grand Wisata yang deket rumah untuk infus zat besi. Kata dokter Yudit, infus zat besi ga harus di Hermina Bekasi, boleh dimana aja. Toh dokter Yudit udah ngasih keterangan di buku periksa saya. Jadi, rencana awal, sore-sore bakal ke Hermina deket rumah lah. Sepagiannya, saya masih sibuk ngerjain paper UTS karena harus dikumpul besok. Terus siang-siang udah jadi separo lah draftnya, terus karena kecapean plus pusing, itu dra