Skip to main content

Mudik : Singgah di Cirebon

Assalamualaikum.

Heihei siapa yang kemarin mudik? Angkat tangan cobaa..samaan berarti sama saya.
Saya tapi mah mudiknya abis lebaran. Baru dapet tiket kereta juga baru abis lebaran. Saya mudik kemana? Mudik ke Kuningan, Jawa Barat. Ibu saya orang sana, masih banyak sanak saudara juga disana. Biasanya setiap tahun mudiknya bareng orangtua. Tapi kali ini, mudiknya sama suami, karna orangtua saya udah berangkat kesana duluan. 

Kami baru memutuskan mudik/engga seminggu sebelum lebaran, haha. Yaudah jadilah browsing tiket kilat. Alhamdulillah dapet tiket KA, tapi bukan KA Cirebon Express. Kami dapetnya tiket KA Fajar Utama Jogja, yang penting bisa turun di Cirebon. Baru dari Cirebon lanjutin naik bus ke Kuningan.  

The Day before
Saya yang packing semua bawaan saya dan suami. Saya biasa backpacking pas jaman kuliah, jadi suka euy kalo packing2 baju. Nah, as usual, kami cuma bawa satu ransel besar. Pak suami yang gembol nantinya. Saya sih cuma bawa tas jinjing besar aja. Simpel. 

The Day
Saya bangun-bangun langsung liat jam. Jam setengah 6 pagi aja gitu. Langsung bangunin suami, dia lompat langsung, haha. Kereta kami jalan jam setengah 8. Tapi jam segitu baru bangun. Langsung siap-siap. Cus naik motor, titip motor, sambung taksi ke Stasiun Senen. Rencana awalnya naik bus tapi pasti ga keburu. Alhamdulillah jalanan lancar, jam 7 kurang, kami udah sampai stasiun. Lalu cari sarapan dulu.

Saya infoin aja ya, kalo cari makanan di stasiun Senen, mendingan masuk ke Sevel (7/11). Pilihan makanannya banyak. Ada sandwich, nasgor, nasi gule, nasi ayam. Udah dikemas, nanti tinggal dihangatkan aja di microwave sama petugasnya. Harganya terjangkau pula. Beda sama resto sebelahnya hihh, menang nama doang, pesen nasgor mahalnya doang, tapi ga ada isinya. Nongkrong di Sevel buat sarapan dulu, baru bergegas buat masuk peron.

7.15
Kami baru antri masuk peron. Ternyata antriannya panjang beneeer. Masih rame aja yang mudik. Kami sih nyantai aja. Eh ga taunya, kami didahulukan masuk oleh petugas karna kereta kami sudah mau masuk stasiun. Alhamdulillah ga pake ngantri.

7.45
Kereta kami berangkat. Finally bisa naik kereta berduaan pas berangkat, setelah beberapa trip kemaren berangkatnya misah-misah mulu.


10.45
Kami tiba di Cirebon, alhamdulillah on time keretanya. Terus abis gitu bingung mau ngapain, mau kemana. Untuk membunuh kebingungan, kami foto-foto dulu depan stasiun. Suka banget sih sama stasiun Cirebon ini, stasiun lama, megah.







Abis gitu, lanjut ngambil uang ke ATM. Dan saya ngajakin suami ke mesjid raya Cirebon *lupa namanya* jalan kaki aja gitu. Suami pasrah bener istrinya pelit ga mau naik becak, haha. Sampe di mesjid, gelesoran karna pegel abis jalan haha. Browsing bentar karena mau makan nasi jamblang yang enak. Lanjut foto-foto karna saya sukaaa banget sama mesjid ini. Menaranya tinggi, dan berasa lagi di turki *sotoy*. Panasnya bukan main lah tapi Cirebon ini. Bekasi juga sama *curhat*









Kelar foto, nego harga becak. Dan ternyata becak di Cirebon ini cilik banget, sempit bgt dong dinaikin berdua plus ransel. Kami menuju Nasi Jamblang Ibu Nur di dekat Grage Mal yang katanya enak. Sampai di tujuan, kami bengong. Antriannya super panjang. Mau mundur juga ga sanggup karna laper. Kata suami, tanggung dek, ikutin aja. Kami ngantri. Suami yang kasian karna gembol ransel huhu. Akhirnya saya cari tempat duduk duluan, tas ranselnya saya jagain sekalian. Mau cari tempat duduk aja dijutekin dulu sama orang, grrr! Sama-sama bayar kali buuu..Saya memasrahkan menu makanan ke suami, apa aja doyan saya mah ya.

Ga lama, suami datang membawa nasi Jamblang dan tahu gejrot. Nasi Jamblang mah macem nasi rames aja gitu. Lauknya banyak. Yang jadi ciri khas, nasinya dialasin daun jati. Yang juara enaknya sih tahu gejrot *elus perut yang tiba-tiba krucukan*.

Nasi Jamblang Ibu Nur

dialasin daun jati, yang hitam itu kedelai ya

yumyuum


Abis makan, kami naik angkot ke Grage Mal untuk numpang sholat. Bener-bener cuma numpang sholat. Dilirik juga engga itu mal. Abis gitu bingung. Mau kemana dan naik apa ke Kuningan. Akhirnya nanya-nanya orang lah. Ternyata harus ke Terminal dulu. Jadilah kami naik angkot lagi ke terminal. Ternyata dikibulin, diturunin angkot masih rada jauh dari terminal. Sebenernya bisa naik elf langsung Kuningan, tapi males kan naik elf. Rada sempit dan abangnya semena-mena. Jalan kaki lagi lah kami menuju terminal. Sampai di terminal, celinguk-celinguk nyari Bus menuju Tasik yang lewat Kuningan. Hampir tergoda naik bus Surabaya yang lebih nyaman. Mengingat belom lebaran ke orangtua saya, diurungkan lah niat itu haha. Naik bus Tasik, PO Harum, bus tiga perempat tanpa AC.

16.30
Setelah menempuh 2 jam perjalanan, alhamdulillah kami akhirnya sampai di Kota Kuningan. Apa yang kami lakukan pertama kali setelah turun bus? Makan bakso dong :))
Lalu melanjutkan naik angkot menuju rumah..

Sudah selesai? Belum dong, karna saya mau ngajakin kalian untuk liat-liat Kuningan di posting berikutnya hihi.

Wassalamualaikum.

Comments

  1. ehh kukira mamamu itu orang sumatra loh neng..salah ternyata..*sungkem ama tante *sok ikrib.
    kuningannya dimanaa? dulu suka maen kesana karena ada tante disana, tapi ga tau nama daerahnya hihi. jangan-jangan tetanggaan pulak? hihi

    ReplyDelete
  2. sok ikrib ih salim salim haha. kamu orang kesekian yang nyangka mama-ku orang sumatera. biasa disangka padang sih emang si mama. akupun sama. sering banget dibilang padang atau palembang.

    aku di kuningan kotanya neng, coba dicek tante kamu dimana, jangan2 sodaraan kita haha.

    ReplyDelete
  3. aahh...tahun ini blm mampir ke cirebon...hhmm...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tahun ini masih sisa banyak mas..ayo ke cirebon

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Testpack : (finally) Dua garis

Assalamualaikum. #latepost Jadwal haid saya emang ga teratur, kadang mundur, kadang maju. Tapi untuk belakangan ini jadwal haid saya selalu maju. Saya juga pelupa banget, sampe akhirnya donlod aplikasi kalender pengingat jadwal haid. Jadwal haid saya bulan lalu di tanggal 10 Februari, estimasi tanggal haid saya di bulan Maret ini seharusnya sekitar tanggal 8/9 Maret.  Saya iseng testpack tanggal 8 Maret 2013, tapi hasil testpack negatif. Ya saya langsung buang lah. Saya cerita sama suami saya. Eh dia bilangnya gini "setiap kali km testpack, kok aku ga pernah ditunjukkin hasilnya ya". Lah ternyata si pak suami mau tau toh, haha. Baiklah besok-besok akan saya tunjukkin. Tanggal 11 Maret 2013 malam, saya belum haid juga. Payud*ra sih udah ngilu-ngilu, perut juga udah kram banget. Saya udah ngira kalo saya akan haid segera. Tapi pas pulang kuliah malem, saya minta anter ke K-24 dulu buat beli testpack. Saya beli dua testpack, yang murah dan yang lebih mahal biar ga s

Review : RS Hermina Bekasi Barat

Assalamualaikum Kalo yang orang Bekasi, pasti top-mind RS buat melahirkan dan periksa kandungan ya pasti RS Hermina. Soalnya dokter-dokter kandungan di RS ini banyak pilihan, dari dokter junior sampe dokter senior. RS Hermina ini juga punya 3 cabang di Bekasi. RS Hermina Bekasi, adanya di Bekasi Barat . Ini RS Hermina yang terlama di Bekasi. Yang kedua, RS Hermina Grand Wisata, yang lebih deket sama tol Bekasi Timur atau Tol Tambun. Yang terakhir, RS Hermina Galaxy, yang menjangkau selatan-nya Bekasi. Keren kan? Yang suka nge-bully Bekasi, sini mampir.. Bekasi ga kekurangan fasilitas RS loh :)  Yang mau saya review, RS Hermina Bekasi Barat yaa, kebetulan saya kontrol kandungan disini. Sempet nginep 3 hari dua malam juga hahaha. Meskipun beberapa kali ke RS Hermina Grand Wisata yang lebih deket sama rumah saya. Oiya, jadi mau review dikit tentang RS Hermina ini, ga detail-detail amat yak, soalnya kan belum sefasih yang udah pernah lahiran disini :) Plus : 1. Dokter kandun

Infus Zat Besi : Katanya sih ga sakit

Assalamualaikum Waktu usia kehamilan 9w4d di tanggal 1 Desember, saya kontrol ke dokter Yudit kan ya. Nah, di sesi konsultasi, dokter Yudit minta saya untuk segera infus zat besi karena hasil lab ferritin saya ga optimal. Ferritin? Penyerapan zat besi. Di orang normal angkanya 90, di saya cuma 49. Jadilah, saya berencana infus di akhir minggu. Menurut dokter Yudit, infus zat besi ini ga bakal lama, paling cuma sejam dua jam, jadi ga bakal nginep di RS. Okelah kalo begitu.  #throwback  7 Desember 2014 Hari ini udah rencana banget mau ke RS Hermina Grand Wisata yang deket rumah untuk infus zat besi. Kata dokter Yudit, infus zat besi ga harus di Hermina Bekasi, boleh dimana aja. Toh dokter Yudit udah ngasih keterangan di buku periksa saya. Jadi, rencana awal, sore-sore bakal ke Hermina deket rumah lah. Sepagiannya, saya masih sibuk ngerjain paper UTS karena harus dikumpul besok. Terus siang-siang udah jadi separo lah draftnya, terus karena kecapean plus pusing, itu dra