Skip to main content

6 Weeks Pregnancy : Lilov's heartbeat

Assalamualaikum

*menyeruak dari handout bahan-bahan UTS*

Besok saya UTS, tapi kok ya bahannya banyak ya. Males bacanya. Cemana mau lulus taun depan -_-
Saya tuh mau cerita tentang dua minggu lalu, kunjungan ketiga ke obgyn saya, yaitu dokter Yudit. Nungguin dua minggu dari kontrol kedua rasanya seabad. Lebay ya, haha. Maklum hamil kedua rada parno. Perut keram dikit langsung istirahat. Bener-bener ga ngelakuin aktivitas berat. Selama dua minggu pula rajin minum vitamin sama rajin pakai obat penguat kandungan. Alhamdulillah waktu Sabtu lalu itu, kuliah saya libur karena dosennya lagi ke Penang, ada konferensi. Jadilah, saya sama Mamas memutuskan untuk kontrol di RS Hermina Barat aja mumpung waktunya luang. Daftar via telfon, dapet nomer 8, alhamdulillah pada awalnya. Jadwal dokter Yudit di RS Hermina Bekasi Barat kalo hari sabtu mulai pukul 15.00 di Poli Eksekutif. 

#throwback Sabtu, 8 November 2014
Semingguan sebelum kontrol, which is mulai dari 5 weeks, saya tepar banget. Muntah ga ada berentinya. Ga bisa minum air putih. Payah pokoknya. Karena mau kontrol di RS Hermina Barat yang lumayan jauh dari rumah, Mamas ga mau ngajak saya naik motor. Akhirnya nelp taksi. Pas banget itu hari Sabtu Bekasi hujan. Ajaib bener kota saya akhirnya hujan. Deras pula. Nelp taksi di depan komplek, pesen taksi untuk pukul 15.00. Udah lewat 15 menit dari pukul 15.00, nelp pangkalan taksi lagi, fuuuh, ga diangkat-angkat dong. Kesel banget. Akhirnya nelp taksi lagi, order baru lagi untuk secepatnya datang. Taksi akhirnya datang pukul 15.45. Masih hujan pula. Sampai naik taksi harus dipayungin Mamas dulu dari pagar rumah. Taksi meluncur masuk tol GrandWisata menuju arah Bekasi Barat. Dan. Stuck. Tolnya macet total aja gara-gara hujan. Nothing to lose aja. Bener aja sampe RS udah hampir pukul 17.00. Langsung ke loket pendaftaran, dan saya pun dapet nomer antrian buncit. Nomer antrian 35 sesuai kedatangan. Sedangkan nomer antrian baru sampai 17. Nasib ya nasib, giliran kami dateng telat, dokternya on time banget. Giliran kami on time, dokternya yang biasanya telat. Demi Lilov niii..antrian buncit pun dijabanin aja..

Abis daftar, lanjut tensi sama nimbang berat badan. Tensi saya turun. Berat saya naik 600 gram. Dari 46,5 jadi 47,1 padahal semingguan muntah terus. Alhamdulillah, semoga Lilov di perut dapet cukup nutrisi ya nak. Sebelum ke Poli Eksekutif, saya ke toilet dulu, eneg banget soalnya. Nah, dari jauh, saya ngeliat ada yang lagi dadah-dadah ke saya. Pas disamperin, oalaaah, sahabat saya sama Mamas juga lagi kontrol ke dokter Yudit, karena dokter yang biasa mereka datengin lagi ke Korea. Lumayan dapet temen ngobrol. Maghrib berlalu, sholat dulu. Isya berlalu, mulai laper, mulai rungsing. Biskuit regal udah habis berkeping-keping. Nomer antrian masih panjang. Sahabat kami pulang duluan karena antriannya duluan. Poli eksekutif yang tadinya penuh banget sampe sepi loh. Hanya sisa pasien-pasien nomor akhir. Huhu. 

Pukul 20.50, setelah hampir 4 jam nunggu, akhirnya nomer antrian saya dipanggil. Kalo sama dokter Yudit, pasti langsung diminta ke ruang periksa. Kocaknya, si dokter nanya begini sama saya :
D : Ibu, rujukan dari dokter siapa?
S : Saya kan pasien dokter..
D : Oalah bu..besok-besok kalo periksa jangan hari Sabtu ya. Kasian kan jadi nunggu lama. Soalnya kalo Sabtu, isinya pasien-pasien rujukan semua.
S : Oh gitu dok. Pantes aja rame banget. *speechless* *mau gogoleran* *baru tau info ini*
D : Iya..

Dokter Yudit lalu liat buku periksa saya. Lalu mulai meriksa saya. Lagi-lagi lewat USG transvaginal. Alhamdulillah suster yang kemarin tuh emang suster andalannya dokter Yudit, jadi ya biarpun lagi transvaginal, tetep kaki diselimutin biar paha ga kemana-mana hahaha. Pas udah meriksa, dokternya langsung kasih selamat ke saya "Wah, selamat ya bu.. Alhamdulillah udah ada detak jantungnya ni..sesuai juga kok umur perkembangannya". Dokter Yudit meriksa sambil ngarahin kursor ke titik putih yang kedap-kedip berdetak. Saya terharu. Mamas juga bengong. Sampe ga ngerekam atau fotoin layar USG. 

Usai diperiksa, Dokter Yudit kembali ke ruang konsultasi. Mamas udah duduk duluan sedangkan saya masih dibantu suster untuk memakai lagi celana plus rok yang disingkap sewaktu USG*bahasa lo, Put*. Setelah saya selesai, saya duduk di samping Mamas dan mulai konsul dengan dokter Yudit. Dokter Yudit juga membacakan hasil tes infeksi saya. Alhamdulillah, saya sehat, tidak terindikasi infeksi. Selain itu, dokter Yudit membacakan hasil tes Ferritin (zat besi saya). Optimalnya di angka 90, tapi saya cuma 49. Menurut dokter Yudit, kondisi ini masih normal dan belum memerlukan tambahan vitamin. Vitamin yang lalu yang dokter Yudit berikan ke saya, Inlacta, ternyata vitamin untuk otak janin, untuk mencegah infeksi juga. Obat penguat kandungan, boleh dilanjutkan sampai habis. Saya juga akhirnya curhat ke dokter Yudit kalo saya lagi mabok parah. Dokter Yudit langsung meresepkan obat mual dengan catatan, "kalo ga tahan aja ya bu baru diminum". Tapi ujung-ujungnya itu obatnya juga ga saya tebus kok. Kasian aja sama Lilov kalo dikasih obat. Terus-terus, sama dokter Yudit dikasih Folavit yang 1000mg. Konsultasi selesai, diminta untuk kontrol lagi sebulan kemudian. Terus kalo ada keluhan, boleh banget WA ke dokternya..

Abis nebus obat, nulis status path dulu. Biar didoain. Bener aja banyak yang ngelove sama doain. Terus sebelum pulang, makan pecel lele dulu di depan RS. Meskipun sebelum makan, ya temenan dulu sama mual+kresek. 


Dear Lilov, sampe ketemu di dokter bulan depan ya nak. Sehat terus pokoknya. Boleh mual, boleh muntah, suka-suka Lilov aja. Yang penting, makanannya ditelen ya nak biar cepet besar. Lovelove!Oiya, Lilov minggu ini jalan 8 weeks loh :)


-Bubu-


Wassalamualaikum

*foto nyusul, lagi males mindahin2 file foto ke laptop*


Comments

  1. we demand pictureeee!!1 *kepal tangan *gedor2 pintu rumah hihihi
    semoga mimi dan lilov sehat selalu yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. abis kelar UTS ya Banana nanti dikasih foto-fotonya..sekarang masih sibuk sama slide bahan UTS, haha..
      Banana -___-
      Ga diapproved sama bapak suami mimi-pipi nih hahaha, yaudah lah yaa..

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Testpack : (finally) Dua garis

Assalamualaikum. #latepost Jadwal haid saya emang ga teratur, kadang mundur, kadang maju. Tapi untuk belakangan ini jadwal haid saya selalu maju. Saya juga pelupa banget, sampe akhirnya donlod aplikasi kalender pengingat jadwal haid. Jadwal haid saya bulan lalu di tanggal 10 Februari, estimasi tanggal haid saya di bulan Maret ini seharusnya sekitar tanggal 8/9 Maret.  Saya iseng testpack tanggal 8 Maret 2013, tapi hasil testpack negatif. Ya saya langsung buang lah. Saya cerita sama suami saya. Eh dia bilangnya gini "setiap kali km testpack, kok aku ga pernah ditunjukkin hasilnya ya". Lah ternyata si pak suami mau tau toh, haha. Baiklah besok-besok akan saya tunjukkin. Tanggal 11 Maret 2013 malam, saya belum haid juga. Payud*ra sih udah ngilu-ngilu, perut juga udah kram banget. Saya udah ngira kalo saya akan haid segera. Tapi pas pulang kuliah malem, saya minta anter ke K-24 dulu buat beli testpack. Saya beli dua testpack, yang murah dan yang lebih mahal biar ga s

Review : RS Hermina Bekasi Barat

Assalamualaikum Kalo yang orang Bekasi, pasti top-mind RS buat melahirkan dan periksa kandungan ya pasti RS Hermina. Soalnya dokter-dokter kandungan di RS ini banyak pilihan, dari dokter junior sampe dokter senior. RS Hermina ini juga punya 3 cabang di Bekasi. RS Hermina Bekasi, adanya di Bekasi Barat . Ini RS Hermina yang terlama di Bekasi. Yang kedua, RS Hermina Grand Wisata, yang lebih deket sama tol Bekasi Timur atau Tol Tambun. Yang terakhir, RS Hermina Galaxy, yang menjangkau selatan-nya Bekasi. Keren kan? Yang suka nge-bully Bekasi, sini mampir.. Bekasi ga kekurangan fasilitas RS loh :)  Yang mau saya review, RS Hermina Bekasi Barat yaa, kebetulan saya kontrol kandungan disini. Sempet nginep 3 hari dua malam juga hahaha. Meskipun beberapa kali ke RS Hermina Grand Wisata yang lebih deket sama rumah saya. Oiya, jadi mau review dikit tentang RS Hermina ini, ga detail-detail amat yak, soalnya kan belum sefasih yang udah pernah lahiran disini :) Plus : 1. Dokter kandun

Infus Zat Besi : Katanya sih ga sakit

Assalamualaikum Waktu usia kehamilan 9w4d di tanggal 1 Desember, saya kontrol ke dokter Yudit kan ya. Nah, di sesi konsultasi, dokter Yudit minta saya untuk segera infus zat besi karena hasil lab ferritin saya ga optimal. Ferritin? Penyerapan zat besi. Di orang normal angkanya 90, di saya cuma 49. Jadilah, saya berencana infus di akhir minggu. Menurut dokter Yudit, infus zat besi ini ga bakal lama, paling cuma sejam dua jam, jadi ga bakal nginep di RS. Okelah kalo begitu.  #throwback  7 Desember 2014 Hari ini udah rencana banget mau ke RS Hermina Grand Wisata yang deket rumah untuk infus zat besi. Kata dokter Yudit, infus zat besi ga harus di Hermina Bekasi, boleh dimana aja. Toh dokter Yudit udah ngasih keterangan di buku periksa saya. Jadi, rencana awal, sore-sore bakal ke Hermina deket rumah lah. Sepagiannya, saya masih sibuk ngerjain paper UTS karena harus dikumpul besok. Terus siang-siang udah jadi separo lah draftnya, terus karena kecapean plus pusing, itu dra