Skip to main content

Meet the Doctor : I'm Pregnant

Assalamualaikum

Dilanjut dari postingan yang ini . Jadi, hari Jumat, 24 Oktober 2014 lalu, pilihan yang kami punya hanya tinggal satu. Bertemu dokter Yuditiya Purwosunu di RS Hermina Barat, pukul 15.00-17.00, atau entah kapan bertemunya. Akhirnya, nelp suami, bujukin dia, akhirnya suami mengiyakan permintaan istrinya untuk pulang cepet. Didaftarin via telp untuk ke dokter Yudit, alhamdulillah masih dapet no 13. Sambil menunggu suami pulang, saya siap-siap juga. Yang jadi masalah, ternyata buku berobat RS Hermina entah dimana naronya. Muterin serumah, akhirnya ketemu di lemari bagian paling atas. Kayaknya saya yang lempar ke lemari bagian atas berbulan-bulan lalu karena mikir pasti kapan-kapan hamilnya, haha pesimis bener. Sekitar pukul 15.45, Mamas sampe rumah ni, naik taksi pula dari kantor. Dia bilang, kalo naik bus ga bakal kekejar jadwal dokter. Motornya pun ditinggal di penitipan motor dengan alasan kasian sama saya kalo naik motor kejauhan :'). Mamas sholat sebentar, barulah kami berangkat pake taksi ke RS Hermina Barat. Ga tanggung-tanggung, biar cepet, jadi lewat tol. Sepanjang tol macet. Ah sudah biasa. Di Taksi, saya pun ngobrol sekenanya sama Mamas karena dia lagi sibuk banget kerjanya, telp ga berenti-berenti kayaknya. Biarin lah, yang penting saya dianter :p

Jam 16.30, kami sampai di RS Hermina Barat. Di depan lift, sempet debat dulu, poli eksekutif di lantai berapa. Mamas bilang di lantai 2, saya kekeuh inget poli eksekutif di lantai 4. Yaudah, akhirnya kami ke lantai 4. Bener kan, poli eksekutif di lantai 4, zzz. Yaudah, saya langsung ke pendaftaran, dapet no 8 (jadi yang dipakai adalah nomer kedatangan). Dokter Yudit-nya belum datang juga sih. Abis daftar, lalu ditimbang dan ditensi seperti biasa. Alhamdulillah, tensi saya normal 110/80, berat pun cuma 46, 5 kg (udah pede berat 48, tapi ternyata timbangan rumah yang ngaco -_-). Seperti biasa ya, lagi-lagi kami ke Poli Eksekutif-nya Hermina. Bukan sombong, tapi Mamas yang rewel, males katanya kalo ke poli umum rame. Lagipula, emang dokter Yudit banyakan praktek di poli eksekutif. Enaknya ni, kalo di Poli Eksekutif, dapet teh manis sama biskuit, lumayan lah. Meskipun otak bisnis saya berpikir, rugi amat bayar mahal cuma dapet biskuit, ga bisa request makanan berat dikit macem siomay? hahahha. Setengah jam berlalu, dokter Yudit akhirnya datang. Mulai dipanggil pasien satu persatu, Baru selesai antrian pertama, eh ada pasien UGD yang dilarikan ke ruang dokter Yudit, semoga cepet sehat, bu..

Mamas kelaperan, akhirnya dia ninggalin saya di ruang tunggu, dia cari makan, hahaha. Balik-balik bawa siomay yang wanginya bikin orang-orang nengok. Lumayan lah perut diisi siomay. Oiya, sembari menunggu antrian dokter, saya bolak-balik aja ke toilet, ya pengen pipis, ya mual. Ga kerasa, tau-tau azan maghrib. Saya ngajakin Mamas sholat dulu ke lantai 3 karena antriannya masih sekitar 3 orang lagi. Alhamdulillah udah sholat, lega kan nunggunya. Nunggu lagi sekitar 45 menit, akhirnya nomer antrian saya dipanggil. Seperti biasa, kalo masuk ke ruangan dokter Yudit, ga pake basa-basi, langsung disuruh ke tempat periksa. Dokter Yudit nanyain saya (iyalah pasti udah lupa juga), saya pasien dokter Rikka/bukan. Ya saya akhirnya cerita panjang lebar, kalo saya pasiennya dokter Yudit pas hamil pertama sampe keguguran. Tapi pas bulan Juni, sempet ke dokter Rikka karena telat haid 10 hari tapi besoknya langsung haid, becanda banget siklusnya. 

Terus dokter Yudit tanya, "ada apa bu"?Saya bilang, kalo saya telat haid, terus tespek positif. Tapi saya pernah keguguran 6 bulan yang lalu. Sambil ngobrol, sambil dioles gel ke perut saya. Dicari-cari, ga ketemu tuh janinnya. Akhirnya diminta untuk USG Transvaginal, baiklah saya sudah siap. Tarik napas sebentar, dan masuklah alat usg itu. Lanjut curhat ke dokter Yudit. Saya cerita kalo siklus haid saya panjang banget pasca keguguran, dokter Yudit juga bilang "iya bu, keliatan kok di usg juga kalo siklus haidnya panjang". Terus dokter juga nanyain saya, yang hamil pertama dikuret/ga, saya bilang kalo saya dikasih obat peluruh kan sama dokter Yudit. Haha udah lupa juga dia. Alat usg diobok-obok, tapi belum ketemu janinnya. Sampai ketemu salah satu titik, lalu dokter Yudit bilang, "bu, kemungkinan ini janinnya ya, tapi masih kecil sekali". Brebes mili langsung saya :'). Saya memastikan lagi, "jadi saya hamil kan dok?". Dokter Yudit mengiyakan kalo saya hamil 4 minggu. Selesai periksa, lalu lanjut ke ruang konsultasi dokter. Menurut dokter Yudit, saya termasuk yang lama hamil lagi-nya pasca keguguran, 6 bulan. Tapi dia berkata lagi bahwa hamil/ga adalah urusan Allah semata :')

Lanjut konsul sama dokter Yudit. Mamas yang nanya banyak, kenapa saya bisa keguguran waktu hamil pertama. Dokter Yudit bilang kemungkinan ada infeksi. Jadi, untuk kehamilan kali ini saya diberi beberapa warning :
1. No fastfood. Slow cooking. Harus makan masakan rumah.
2. Periksa gigi, tambal segera jika ada lubang. Takutnya masalah gigi penyebab infeksi juga.
3. Cek darah, liat beberapa indikasi (*lupa nanya*)
4. Diresepkan obat penguat yang harus dimasukkan via vag*na plus vitamin
5. Minum air putih minimal 3 Liter sehari

Abis diwarning begitu, saya yang bengong-bengong plus deg-degan, peer saya banyak amat ni. Demi anak, inshaa allah dilakuin semua ya. Ga lupa nanya lagi, "saya hamil kan dok?", dokternya bilang iya. Alhamdulillah. Selesai konsultasi, kami minta ke dokter Yudit, bisa/ga periksa di RS Hermina Grandwisata deket rumah, dia bilang, bisa. Lalu, dokter Yudit menuliskan nomer hp-nya, saya bisa menghubungi dokter Yudit sewaktu-waktu. Dokter Yudit meminta kami untuk datang dua minggu lagi. Mengucapkan terimakasih lalu kami menuju kasir dan farmasi. Setelah melunasi pembayaran, kami mengambil obat. Ternyata, obat penguatnya cukup besar -_- dan entah gimana nanti masukinnya. Harganya pun cukup fantastis, hahaha. Selesai dari kasir dan farmasi, saya minta sholat Isya dulu di mushola bawah. Lalu, saya nangis, huhu. Saya bilang ke Mamas, kok orang-orang hamilnya smooth banget, ini kenapa saya harus cek ini itu :( Mamas bilangnya, "alhamdulillah kalo bisa hamil, dek, banyak juga temen aku yang istrinya udah tahunan belum hamil". Iya juga sih. pokoknya alhamdulillah. Apapun akan kami lakukan untukmu, ya nak..

Jadi sampai post ini ditulis, saya belum cek lab (periksa darah) ataupun ke dokter gigi. Hari Sabtu adalah tanggal merah, jadi klinik tidak ada yang buka. Tadinya mau periksa darah kemarin, tapi saya lemes banget, tugas kuliah juga belum dikumpulkan. Jadilah, kemungkinan besar ke lab baru besok pagi. Hari ini kuliah. Ke dokter gigi juga kemungkinan hari Jumat karena jadwal prakteknya baru Jumat. Tapi peer lainnya sudah mulai saya lakukan. Saya makan masakan rumah, ga makan fastfood mecem hamburger dkk. Saya juga mulai membiasakan diri minum banyak meskipun abis gitu bolak-balik pipis. Saya juga mulai sedia sayur-buah yang bisa dicemilin kapan aja. Dan tidak lupa, saya harus memasukkan obat penguat setiap dua hari sekali. Vitamin pun harus diminum setiap malam.

Oiya, i call him/her lilov (lil'love). Hihi. Hei lilov, i know, you struggle there. But you must know, i struggle more for you. Let's struggle, let's grow together. Ayah n Ibu are hoping for you. Love you, and we do.  See you soon. Soon. Dear Allah, hanya kepada-Mu segala doa kami bermuara. Engkau sebaik-baik Maha Pelindung. 


"Sesuatu yang memang ditakdirkan untuk kita, Allah tidak akan membiarkan hal itu menjadi milik orang lain " (*pernah baca di path*) . Sampai saat ini pun, saya masih kelewat cemas, maklum kehamilan pertama menyisakan kenangan yang kurang enak. Semoga kehamilan  kali ini lancar, sehat, kuat. Kami mohon doa ya untuk setiap yang baca ini. Semoga segala doa kembali kepada yang mendoakan, aamiin. 


*foto nyusul*

Comments

  1. aaaahhhh... i'm happy for you..
    selamat yaaa.. sehat dan dilancarkan semuanya..
    kuat..kuat...bismillah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Vy..nuhun ya neng..aamiin aamiin makasih doanya *hug*

      Delete
  2. coba foto obat penguat dikirim kemarihhh *ikut deg2an inihh hihi
    sehat selalu yaa mama dan lilov...lutu namanyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. lupa dari tadi mau ngirimin foto ga jadi-jadi..bentar ya..
      hehe as you know banana, aku kan emang hobi bikin2 nama begicu :p

      Delete
  3. Puuuuut, Alhamdulillah.. ikut seneng denger kabar baiknya. Ya Allah.. semoga segera kecipratan rezekinya, hehe. Doakan aku segera menyusul :*

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah, doain ya Dina, semoga yang ini lancar, aamiin.
    Iya Dina, tiup-tiup babydust, semoga rezeki ini juga dateng ke kamu secepatnya ya neng :* :* *hug*

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Testpack : (finally) Dua garis

Assalamualaikum. #latepost Jadwal haid saya emang ga teratur, kadang mundur, kadang maju. Tapi untuk belakangan ini jadwal haid saya selalu maju. Saya juga pelupa banget, sampe akhirnya donlod aplikasi kalender pengingat jadwal haid. Jadwal haid saya bulan lalu di tanggal 10 Februari, estimasi tanggal haid saya di bulan Maret ini seharusnya sekitar tanggal 8/9 Maret.  Saya iseng testpack tanggal 8 Maret 2013, tapi hasil testpack negatif. Ya saya langsung buang lah. Saya cerita sama suami saya. Eh dia bilangnya gini "setiap kali km testpack, kok aku ga pernah ditunjukkin hasilnya ya". Lah ternyata si pak suami mau tau toh, haha. Baiklah besok-besok akan saya tunjukkin. Tanggal 11 Maret 2013 malam, saya belum haid juga. Payud*ra sih udah ngilu-ngilu, perut juga udah kram banget. Saya udah ngira kalo saya akan haid segera. Tapi pas pulang kuliah malem, saya minta anter ke K-24 dulu buat beli testpack. Saya beli dua testpack, yang murah dan yang lebih mahal biar ga s

Infus Zat Besi : Katanya sih ga sakit

Assalamualaikum Waktu usia kehamilan 9w4d di tanggal 1 Desember, saya kontrol ke dokter Yudit kan ya. Nah, di sesi konsultasi, dokter Yudit minta saya untuk segera infus zat besi karena hasil lab ferritin saya ga optimal. Ferritin? Penyerapan zat besi. Di orang normal angkanya 90, di saya cuma 49. Jadilah, saya berencana infus di akhir minggu. Menurut dokter Yudit, infus zat besi ini ga bakal lama, paling cuma sejam dua jam, jadi ga bakal nginep di RS. Okelah kalo begitu.  #throwback  7 Desember 2014 Hari ini udah rencana banget mau ke RS Hermina Grand Wisata yang deket rumah untuk infus zat besi. Kata dokter Yudit, infus zat besi ga harus di Hermina Bekasi, boleh dimana aja. Toh dokter Yudit udah ngasih keterangan di buku periksa saya. Jadi, rencana awal, sore-sore bakal ke Hermina deket rumah lah. Sepagiannya, saya masih sibuk ngerjain paper UTS karena harus dikumpul besok. Terus siang-siang udah jadi separo lah draftnya, terus karena kecapean plus pusing, itu dra

Review : RS Hermina Bekasi Barat

Assalamualaikum Kalo yang orang Bekasi, pasti top-mind RS buat melahirkan dan periksa kandungan ya pasti RS Hermina. Soalnya dokter-dokter kandungan di RS ini banyak pilihan, dari dokter junior sampe dokter senior. RS Hermina ini juga punya 3 cabang di Bekasi. RS Hermina Bekasi, adanya di Bekasi Barat . Ini RS Hermina yang terlama di Bekasi. Yang kedua, RS Hermina Grand Wisata, yang lebih deket sama tol Bekasi Timur atau Tol Tambun. Yang terakhir, RS Hermina Galaxy, yang menjangkau selatan-nya Bekasi. Keren kan? Yang suka nge-bully Bekasi, sini mampir.. Bekasi ga kekurangan fasilitas RS loh :)  Yang mau saya review, RS Hermina Bekasi Barat yaa, kebetulan saya kontrol kandungan disini. Sempet nginep 3 hari dua malam juga hahaha. Meskipun beberapa kali ke RS Hermina Grand Wisata yang lebih deket sama rumah saya. Oiya, jadi mau review dikit tentang RS Hermina ini, ga detail-detail amat yak, soalnya kan belum sefasih yang udah pernah lahiran disini :) Plus : 1. Dokter kandun