Skip to main content

Lika-liku MPASI Arsena

Assalamualaikum.

Hari ini exactly setahunan Arsena mulai makan (26 des 15). Yes, dia memulai mpasi lebih cepat beberapa hari karena beratnya ga naik dari bulan lalu. Begitu dokter bilang boleh, besoknya saya langsung beli labu parang. Kukus terus blender kasih ke Arsena. Kenapa labu parang? Ga ada alesan khusus siih, cuma pas liat labu parang di pasar seger banget..yaudah dibeli deh #alesanapaini..percobaan pertama berhasil sih..anaknya makan lahap..Baru besok-besoknya saya nyusun menu berdasarkan who..dua minggu menu tunggal..lanjut menu 4 bintang. Harus pinter-pinter milih menu, kalo engga ya bisa sembelit.

Saya ga stick to the rules, dimana menu tunggal mesti dibejek-bejek atau diparut. Saya blender aja semua. Demi kewarasan bersama kan ya haha. Saya mulai juggling ketika masuk menu 4 bintang, ini proteinnya apa, hewaninya apa, nabatinya apa, sayurnya apa, karbonya apa. Biasanya, saya stok lauk dalam porsi kecil-kecil biar waktu mau dipakai, tinggal ambil di
kulkas. Contohnya, saya bikin daging giling, tumis pake bawang putih terus simpan di plastik kecil-kecil. Atau saya beli ikan salmon, terus potong kecil-kecil, masuk freezer. Oiya, kalo mau praktis, bisa pake slowcooker untuk masak bubur 4 bintangnya. Then i aint that so lucky..Arsena ga doyan bubur nasi. Plek emaknyaaa 😂😂 Lalu kerepotan pun dimulai...



Setiap hari, saya mesti mengukus ubi/kentang/ubi ungu. Lalu mengukus/merebus tahu/tempe/kacang merah. Lalu merebus sayur. Semua dilakukan ter-pi-sah. Pagi-pagi hebooohh smua. Pas emaknya masak, anaknya merangkak ke kolong kompor lah, acak-acak tong sampah lah, ikut main di kulkas lah. Stressfull. Tapi ada lagi yang lebih stres dari nyiapin mpasi, yaitu..nyuapinnya! Arsena bukan tipe anak yang gampang buka mulut. Emaknya mesti nyanyi dulu satu kaset baru dia mau buka mulut. Atau diajak bercanda dulu baru mau buka mulut. Ada yang makin parah, waktu Arsena abis insisi tongue tie dan liptie, dia mogok makan sama sekali kalo pake sendok. Trauma kayaknya abis senam lidah. Plus sakit batuk pilek juga. Lengkap.

Masa-masa Arsena GTM mulai dari umur 8 bulan sampe hampir setahun. Makannya susah banget. Diajak makan di highchair, dia mau lompat terus. Disuapin di lantai, maunya kabur terus. Serba salah. Saya nangis tiap hari. Iya tiap hari. Rumah berantakan, makanan berceceran tapi ga dimakan. Sedih dan frustasi luar biasa. Tapi ada saat-saatnya dia mau makan dan gampang naik teksturnya. Arsena ga ngelewatin fase makan nasi tim. Arsena yang ga mau makan bubur nasi, langsung bisa makan nasi di umur 11 bulan. Sebelum setahun, saya udah nyolong-nyolong kasih garem gula. Eh ternyata nafsu makannya membaiik. Oh ternyata dia udah mau makan sama kayak kita. Waktu GTM, saya pernah ajak urut ke urut alternatif segala. Lumayan membaik abis itu.

Menjelang setahun, Arsena udah bisa makan table food alias menu rumahan. Favoritnya adalah semur ayam! Lahap banget deh kalo makan semur. Cemilan favoritnya kolak ubi. Cem anak gede. Di usia Arsena 13 bulan, we moved into Palembang. Semacam keajaiban, Arsena tau-tau pinter makannya. Makan pempek jago. Makan tekwan doyan. Segala makanan Palembanh doyan. Menurut saya, semua itu karena pempek di Palembang kebanyakan dari ikan gabus dan merangsang nafsu makan anak, it works! Plus satu kondisi yang saya akhirnya sadari, kami, sebagai orangtuanya sudah dalam kondisi less stress. Bener banget ternyata, kalo orangtuanya banyak masalah, anaknya ikutan stres. Akibatnya itu, nafsu makan ikut terganggu juga.

Di umur jelang 18 bulan ini, alhamdulillah Arsena makannya gampang. Dimasakin apa aja pasti dimakan. Ga pilih-pilih. Semacam ngerti sama emaknya kalo di rantau mesti saling kerjasama. Alhamdulillah juga udah mau duduk kalo makan, tadinya mah ya keliling rumah jalan kaki. Kenapa ga pake highchair? Nah itu..anaknya bs lompat. Tapi saya anti banget nyuapin makan sampe keliling komplek, selain kebiasaan, saya juga males, gempoooorr! Sekali-kali, ada juga sih dia males makan, tapi bisa lah diitung pake jari. Target anak belajar makan sudah tercapai, tinggal target naikin bb anak aja nih nampaknya yang bakal jadi peer panjang saya.

Oiya, jangan suruh saya nambah anak lagi. Saya ga trauma sama hamilnya. Ga trauma sama melahirkannya. Saya trauma masa mpasi plus nyuapin makannya. Benar-benar menguras stok sabar saya!

Oiya, yang baru mulai mpasi, selamat memasak dan belajar! Jangan cuma beli bahan dan alat memasaknya, tapi juga ilmunya dicari yaa..kalo ga ada gambaran, bisa follow hhbf (healthy homemade baby food) grup di facebook..bisa beli buku ttg mpasi juga. Jangan segan buat nanya deh! Masak itu bisa dipelajari, percayalah..Ya ada kalanya anak saya juga makan makanan instan macem milna atau sun. Saya ga idealis, saya realistis haha. Selama saya masih bisa masak, i will!! Selamat mpasi bu ibu..saya terbuka banget kalo ada yang mau sharing mpasinya yaa..

Cek cek #mpasiarsena yaa..saya kayaknya pernah posting beberapa menu Arsena waktu makan.



Wassalamualaikum.

Comments

Popular posts from this blog

Testpack : (finally) Dua garis

Assalamualaikum. #latepost Jadwal haid saya emang ga teratur, kadang mundur, kadang maju. Tapi untuk belakangan ini jadwal haid saya selalu maju. Saya juga pelupa banget, sampe akhirnya donlod aplikasi kalender pengingat jadwal haid. Jadwal haid saya bulan lalu di tanggal 10 Februari, estimasi tanggal haid saya di bulan Maret ini seharusnya sekitar tanggal 8/9 Maret.  Saya iseng testpack tanggal 8 Maret 2013, tapi hasil testpack negatif. Ya saya langsung buang lah. Saya cerita sama suami saya. Eh dia bilangnya gini "setiap kali km testpack, kok aku ga pernah ditunjukkin hasilnya ya". Lah ternyata si pak suami mau tau toh, haha. Baiklah besok-besok akan saya tunjukkin. Tanggal 11 Maret 2013 malam, saya belum haid juga. Payud*ra sih udah ngilu-ngilu, perut juga udah kram banget. Saya udah ngira kalo saya akan haid segera. Tapi pas pulang kuliah malem, saya minta anter ke K-24 dulu buat beli testpack. Saya beli dua testpack, yang murah dan yang lebih mahal biar ga s

Review : RS Hermina Bekasi Barat

Assalamualaikum Kalo yang orang Bekasi, pasti top-mind RS buat melahirkan dan periksa kandungan ya pasti RS Hermina. Soalnya dokter-dokter kandungan di RS ini banyak pilihan, dari dokter junior sampe dokter senior. RS Hermina ini juga punya 3 cabang di Bekasi. RS Hermina Bekasi, adanya di Bekasi Barat . Ini RS Hermina yang terlama di Bekasi. Yang kedua, RS Hermina Grand Wisata, yang lebih deket sama tol Bekasi Timur atau Tol Tambun. Yang terakhir, RS Hermina Galaxy, yang menjangkau selatan-nya Bekasi. Keren kan? Yang suka nge-bully Bekasi, sini mampir.. Bekasi ga kekurangan fasilitas RS loh :)  Yang mau saya review, RS Hermina Bekasi Barat yaa, kebetulan saya kontrol kandungan disini. Sempet nginep 3 hari dua malam juga hahaha. Meskipun beberapa kali ke RS Hermina Grand Wisata yang lebih deket sama rumah saya. Oiya, jadi mau review dikit tentang RS Hermina ini, ga detail-detail amat yak, soalnya kan belum sefasih yang udah pernah lahiran disini :) Plus : 1. Dokter kandun

Infus Zat Besi : Katanya sih ga sakit

Assalamualaikum Waktu usia kehamilan 9w4d di tanggal 1 Desember, saya kontrol ke dokter Yudit kan ya. Nah, di sesi konsultasi, dokter Yudit minta saya untuk segera infus zat besi karena hasil lab ferritin saya ga optimal. Ferritin? Penyerapan zat besi. Di orang normal angkanya 90, di saya cuma 49. Jadilah, saya berencana infus di akhir minggu. Menurut dokter Yudit, infus zat besi ini ga bakal lama, paling cuma sejam dua jam, jadi ga bakal nginep di RS. Okelah kalo begitu.  #throwback  7 Desember 2014 Hari ini udah rencana banget mau ke RS Hermina Grand Wisata yang deket rumah untuk infus zat besi. Kata dokter Yudit, infus zat besi ga harus di Hermina Bekasi, boleh dimana aja. Toh dokter Yudit udah ngasih keterangan di buku periksa saya. Jadi, rencana awal, sore-sore bakal ke Hermina deket rumah lah. Sepagiannya, saya masih sibuk ngerjain paper UTS karena harus dikumpul besok. Terus siang-siang udah jadi separo lah draftnya, terus karena kecapean plus pusing, itu dra