Skip to main content

Akhirnya pasang IUD :D

Assalamualaikum.

Hai hai..selamat menjalankan ibadah puasa ya semua..mohon maaf lahir batin atas segala khilaf..

Mohon doanya agar saya kuat berpuasa sambil menyusui+mengasuh anak. Amiin.

Back to topic..finally ya..setelah anak 11 bulan..saya memutuskan untuk pasang iud! Tiba-tiba keberanian muncul gitu aja, telp RS Hermina Bekasi Barat di hari Kamis dan bikin janji ke dokter Yuditiya Purwosunu Sabtu lalu. Dapet no 36 dan disuruh daftar ulang hari Sabtu jam 12 siang.

Jujur, saya takut banget mau pasang iud abis lahiran. Baca-baca forum juga katanya sakit banget pas masang. Terus katanya pake iud ga menjamin ga bakal hamil. Plus pasang kb ga diremburse kantor. Huhu banyak banget kan rintangannya sebelum pasang IUD. Akhirnya yaa kemaren-kemaren mengandalkan kb alami. Terus sempet telat haid seminggu. Horor kan. Horor banget kalo sampe hamil lagi. Berhubung saya belum niat punya anak lagi dalam waktu dekat, saya kuat-kuatin mental deh buat pasang iud. Obgyn saya juga bolak-balik ngingetin buat kb tiap saya chat nanya sesuatu. Piss dok ✌.

Hari Sabtu pun tiba..

Kami pergi ke RS Hermina Bekasi Barat bertiga. Saya, suami, dan Arsena. Kebetulan juga, saya mau ajak Arsena kontrol ke dsa. Kami sampai RS pukul 11. Pukul 11.30, kami masuk ke dsa. Pukul 12 lewat sekian, saya daftar ulang untuk ke dokter Yudit. Tau-tau udah nomer 10 aja dong. Bener deh ibu-ibu gragas 😂. Karena di Hermina lagi penuh banget, saya memutuskan buat pulang ke rumah orangtua saya dulu untuk titip Arsena daripada kelamaan nunggu antrian obgyn.

Sampai rumah orangtua saya, saya siap-siapin keperluannya si bayi dulu. Baru saya mandi, terus cus berangkat ke Hermina lagi. Alhamdulillah masih ninggalin asip beku di freezer sana. Jadi saya tenang ninggalin Arsena-nya.

Sampai di Hermina, nomor antrian saya sudah terlewat. Saya harus menunggu sebanyak 5 pasien, baru akan dipanggil kembali. Sambil menunggu, sambil deg-degan. Snack di poli eksekutif juga ga saya makan. Oiyaa, poli eksekutif sekarang udah keceee, udah dibikin sekat pembatas sama poli biasa..Oh time fliess saking jarangnya ke Hermina Barat.

Nomor antrian saya akhirnya dipanggil setelah nunggu selama satu jam. Pas sampe ruangan dokter Yudit, beliau senyum dan ngeledek saya "hamil lagi bu?" 

Huahahaha..karna saya belum mau hamil lagi dok, makanya saya dateng. Dokter Yudit masih ganteng #penting #kemudianditoyormamas. Dateng-dateng langsung disuruh usg perut. Mamas ditinggal di depan meja dokter..Pas sebelum usg, suster nanya ke saya 
S : "udah tespek bu?" 
P : "hah?ini baru selesai haid sus.." 

Jadi emang kenapa bagusnya pas pasang iud pas lagi haid..untuk memastikan kalo emang bener ga lagi hamil.

Usg lalu dimulai. Terus susternya bilang "retro nih", Dokter mengiyakan. Fakta baru yang saya baru tau setelah bolak balik ke obgyn. Rahim saya retro. Terjawablah sudah kenapa dahulu saya agak lama menanti hamil. Selesai usg, saya diminta suster untuk pindah ke kursi. Jantung kek mau copot. Terus abis gitu, dokter melakukan tindakan. 

Dokter Yudit ngajakin saya ngobrol tentang anak, jadinya saya ga takut. Entah alat macem apa yang dimasukin ke dalam sana, saya ga liat. Cuma denger kelontang-kelontang besi. Sempet ngeliat ember. Lalu, dokter memasukkan alat untuk memasukkan IUDnya. Cocor bebek ya namanya? Agak ngilu dikit waktu IUD dipasang, tapi menurut saya masih bisa ditoleransi rasanya. Ga ada apa-apanya dibanding mulesnya melahirkan. Proses pasang iud mungkin sekitar 10 menit ya. Alhamdulillah ga semengerikan apa yang dibilang orang-orang. Setelah selesai, lanjut konsul di meja dokter.

S : "iud ini buat berapa taun dok?"
D : "4 tahun"
S : "merknya apa dok?"
D : "copper T" (saya pasrah aja pasti dokternya kasih yg terbaik)
S : "ada efek sampingnya ga dok?katanya ga boleh angkat berat2?"
D : "ga ada bu"..(emang dokter paling nenangin sedunia) 

Setelah selesai ngobrolin iud, saya lanjut curhat tentang berat badan Arsena yang susah naik. Terus ujungnya dokter Yudit ngasih saya surat pengantar untuk Arsena cek lab, dan bukan cek adb atau isk, tapi diminta untuk cek vitamin D. Saya aja ga pernah kepikiran kesana..really thx to Allah SWT bisa ketemu dokter yang baik banget.

Setelah selesai dari ruangan dokter, bayar ke kasir. Terus tau-tau perut saya mules banget plus lemes. Saya sampe digandeng mamas ke parkiran. Sampe rumah juga mules sampe ga berani gendong bocah. Eh kok ada flek juga. Besoknya, saya WA dokter Yudit, ternyata beliau lupa kasih tau kalo efek baru pasang iud adalah mulas dan flek. Beliau meresepkan obat pereda nyeri. Cuma sekali minum, sisanya masih ada. Alhamdulillah mulesnya udah engga tapiii fleknya masih keluar. Dan tetep boleh puasa.

Semoga kb dengan iud ini lancar jayaa..aamiin..terimakasih dokter Yudit!

Total biaya : around 750rb (include doc + iud).


Wassalamualaikum

Comments

  1. Mba...salam kenal ya...seneng baca blog nya ttg dr yuditia,saya pasiennya dr yuditia ..jadi makin yakin ngga pengen pindah dokter sampai lahiran si bayi denger cerita2 ttg dr yuditia..so far siy memang dokternya baik ya..komunikatif dan charming...hehehhe..salam buat arsenaa..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Vemi..salam kenal yaa..wahh pasiennya dokter Yudit juga yaa..iya mba,ga usah pindah-pindah dokter lagi,dokter Yudit highly reccomended..inshaa allah tenang kalo ditanganin beliau..sehat-sehat hamilnya ya mbaa..salam kembali dari Arsena :)

      Delete
  2. Mba gmn setelah pasang iud copper T smp saat ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haai mba maaf baru bales yaa. Saya sering mules mba semenjak pakai iud ini 😂. Ga boleh kecapean pasti mules macem kontraksi.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Testpack : (finally) Dua garis

Assalamualaikum. #latepost Jadwal haid saya emang ga teratur, kadang mundur, kadang maju. Tapi untuk belakangan ini jadwal haid saya selalu maju. Saya juga pelupa banget, sampe akhirnya donlod aplikasi kalender pengingat jadwal haid. Jadwal haid saya bulan lalu di tanggal 10 Februari, estimasi tanggal haid saya di bulan Maret ini seharusnya sekitar tanggal 8/9 Maret.  Saya iseng testpack tanggal 8 Maret 2013, tapi hasil testpack negatif. Ya saya langsung buang lah. Saya cerita sama suami saya. Eh dia bilangnya gini "setiap kali km testpack, kok aku ga pernah ditunjukkin hasilnya ya". Lah ternyata si pak suami mau tau toh, haha. Baiklah besok-besok akan saya tunjukkin. Tanggal 11 Maret 2013 malam, saya belum haid juga. Payud*ra sih udah ngilu-ngilu, perut juga udah kram banget. Saya udah ngira kalo saya akan haid segera. Tapi pas pulang kuliah malem, saya minta anter ke K-24 dulu buat beli testpack. Saya beli dua testpack, yang murah dan yang lebih mahal biar ga s

Review : RS Hermina Bekasi Barat

Assalamualaikum Kalo yang orang Bekasi, pasti top-mind RS buat melahirkan dan periksa kandungan ya pasti RS Hermina. Soalnya dokter-dokter kandungan di RS ini banyak pilihan, dari dokter junior sampe dokter senior. RS Hermina ini juga punya 3 cabang di Bekasi. RS Hermina Bekasi, adanya di Bekasi Barat . Ini RS Hermina yang terlama di Bekasi. Yang kedua, RS Hermina Grand Wisata, yang lebih deket sama tol Bekasi Timur atau Tol Tambun. Yang terakhir, RS Hermina Galaxy, yang menjangkau selatan-nya Bekasi. Keren kan? Yang suka nge-bully Bekasi, sini mampir.. Bekasi ga kekurangan fasilitas RS loh :)  Yang mau saya review, RS Hermina Bekasi Barat yaa, kebetulan saya kontrol kandungan disini. Sempet nginep 3 hari dua malam juga hahaha. Meskipun beberapa kali ke RS Hermina Grand Wisata yang lebih deket sama rumah saya. Oiya, jadi mau review dikit tentang RS Hermina ini, ga detail-detail amat yak, soalnya kan belum sefasih yang udah pernah lahiran disini :) Plus : 1. Dokter kandun

Infus Zat Besi : Katanya sih ga sakit

Assalamualaikum Waktu usia kehamilan 9w4d di tanggal 1 Desember, saya kontrol ke dokter Yudit kan ya. Nah, di sesi konsultasi, dokter Yudit minta saya untuk segera infus zat besi karena hasil lab ferritin saya ga optimal. Ferritin? Penyerapan zat besi. Di orang normal angkanya 90, di saya cuma 49. Jadilah, saya berencana infus di akhir minggu. Menurut dokter Yudit, infus zat besi ini ga bakal lama, paling cuma sejam dua jam, jadi ga bakal nginep di RS. Okelah kalo begitu.  #throwback  7 Desember 2014 Hari ini udah rencana banget mau ke RS Hermina Grand Wisata yang deket rumah untuk infus zat besi. Kata dokter Yudit, infus zat besi ga harus di Hermina Bekasi, boleh dimana aja. Toh dokter Yudit udah ngasih keterangan di buku periksa saya. Jadi, rencana awal, sore-sore bakal ke Hermina deket rumah lah. Sepagiannya, saya masih sibuk ngerjain paper UTS karena harus dikumpul besok. Terus siang-siang udah jadi separo lah draftnya, terus karena kecapean plus pusing, itu dra