Skip to main content

Cerita Melahirkan Arsena - Part 2

Assalamualaikum

Hei life! Hihi cerita melahirkan-nya kepotong ya..saya beneran ga sempet blogging..kalo ada waktu kosong, ya nugas kuliah. Udah mulai bosen kuliah, udah niat banget harus kelar kuliah tahun depan. Harus. Cerita melahirkan belum selesai, eh Arsena-nya udah dua bulan haha, mending segera ditulis deh keburu anaknya gede n emaknya keburu lupa (mana bisa lupaaa sih).

Melanjutkan cerita dari sini

Senin, 29 Juni 2015
Setelah dibolehkan pulang oleh dokter Yudit, akhirnya saya pulang lagi ke rumah (rumah orangtua saya). Di rumah ada kakak saya yang lagi sakit dan kebetulan engga kerja. Sampai di rumah, kontraksi masih belum teratur. Kadang sakit, kadang biasa aja. Saya juga nyempetin bungkus kado dulu buat sahabat kecil saya yang ultah. Soalnya, sahabat kecil saya mau sekalian main ke rumah. 

10.00
Sahabat saya ke rumah. Ngobrol ngalor ngidul sama anak ini. Kontraksi saya makin berasa. Tiap ngobrol udah sampe cengar-cengir kesakitan. Tapi masih bisa tahan. Sahabat saya ini bilang "kak, kalo mau dianter ke RS, bilang aku ya, aku di rumah kok lagi ga kerja"

11.00
Saya mengudahi percakapan dengan sahabat saya itu, karena mau istirahat, udah makin kenceng mulesnya. Saya juga udah bbm-an terus sama suami. Dia bilang, kalo saya ga kuat, langsung ke RS aja.

12.00
Saya udah mulai rungsing. Udah mulai ngiterin rumah jalan-jalan karena kalo dibawa tiduran mulesnya makin-makin. Saya nyempetin makan siang. Kakak saya ngingetin biar saya makan, biar ga lemes.

13.00
Saya mau wudhu, terus ngecek celana dalam, eh ada flek. Langsung bilang ke kakak saya, bbm suami di kantor, minta dia cepet pulang. Tadinya mau nungguin suami pulang dulu, baru ke RS. Tapi lama-lama perut makin kenceng kontraksinya. Saya ga tahan. Kata suami, saya disuruh ke RS duluan aja, nanti dia nyusul. Akhirnya saya nelp sahabat saya dan dia mengiyakan untuk nganterin saya ke RS.

14.00
Saya, kakak saya, dan sahabat saya berangkat ke RS. Sepanjang perjalanan, saya udah mulai ga bisa diajak ngobrol karena kontraksinya makin berasa sakit. 

14.30
Saya sampai di Hermina, ngurusin pendaftaran sambil meringis, sampai akhirnya diambilin kursi roda sama security. Lalu dianter ke ruang bersalin. Sampai di ruang bersalin, saya bilang "sus, saya tadi pagi udah kesini, sampe rumah tapi ga tahan mulesnya, jadi balik lagi". Lalu saya diantar ke kamar bersalin. Cek dalam lagi. Udah mules segitunya ternyata baru bukaan 2 -_-. Kakak saya nemenin saya di dalam sekalian ngehubungin ayah dan ibu saya yang masih di kantor. Saya udah mulai megang-megang tangan kakak saya sambil netesin air mata karena udah makin sakit.

15.30
Ayah saya datang. Kakak saya pulang karena dia emang lagi sakit. Gantian akhirnya yang nungguin saya di kamar. Suami saya kena macet di jalan dong, udah hampir 3 jam belum sampe. Saya stres -_-
Saya langsung melukin ayah saya karena kontraksinya udah makin kenceng. Cek bukaan lagi. Ternyata udah bukaan 3 longgar, hampir bukaan 4. Ayah saya lalu memberikan saya air putih dan bilang "nih abisin ya airnya, biar cepet nambah bukaannya". 

16.00
Suami saya datang, alhamdulillah. Ada-ada aja emang cobaan, giliran istrinya mau lahiran, eh tolnya macet total. Begitu suami saya datang, saya udah mulai nangis. Tapi masih belum heboh nangisnya. Saya minum air yang dikasih ayah saya. Lalu drama dimulai..

Kontraksinya makin kenceng. Saya makin nangis. Ibu saya dateng, ibu mertua juga dateng. Pada bolak-balik nengokin saya di kamar bersalin. Saya minta maaf kepada keduanya :'( Pantes ga boleh durhaka sama ibu, begini toh rasanya yaa..Saya lalu minta ayah saya aja yang nemenin saya di ruang bersalin. Saya nangis-nangis. Sesenggukan. Sambil bilang "Papaaah, ini cepet kan lahirnya?Aku ga tahannn". Ayah saya melukin saya sambil mijitin saya. Saya ga bisa tiduran sama sekali. Sakit kontraksi agak ilangan kalo saya duduk. Saya mulai dikasih selang oksigen sama suster padahal saya ga ngerasa sesak nafas. Untuk bayinya, katanya.

17.00
Dianterin makanan dari RS. Saya maksain makan meski perut ga karuan. Makanan ga ada enak-enaknya sama sekali, saya tetep maksain makan karena udah diwanti-wanti kalo melahirkan akan butuh tenaga. Di ruang bersalin, saya ditemenin ayah saya dan suami saya yang udah selesai urus-urus pendaftaran saya. Saya nangis-nangis. Saya ga mau ditemenin ibu ataupun ibu mertua saya karena takut makin panik.

17.30
Alat CTG dipasang. Saya disuruh pencet bel kalo Lilov gerak. Eh tumben amat ini anak kalem, haha. Jadi, si Lilov sempet dibel berkali-kali tuh sama susternya biar bangun. Saya sih ga panik, karena saya tau, itu jam tidurnya dia. Menurut saya yang paling ngeselin itu di CTG! Perut diikat-ikat alat, idung pake selang oksigen, jadi saya harus tiduran. Udah mana setiap tidur, saya malah ga bisa tolerir sakitnya sama sekali. Selang oksigen-nya lepas-lepas mulu karena saya ngerasa ga butuh.

Saya melukin suami. Ayah saya nunggu di luar. Mamas ga berenti ngingetin saya untuk dzikir, ga berenti untuk ngingetin atur nafas. Saya makin nangis karena ini udah sakit banget. Saya sampe mohon-mohon ke suster buat cabut alat CTG karena saya ga kuat tiduran lama-lama.Eh malah diomelin suster haha. Inget air yang dikasih ayah saya? Abis minum itu, kontraksi saya langsung hebat. Liat dari layar CTG, kontraksi yang tadinya cuma 4%, langsung melonjak ke 80%. Setiap kontraksi datang, saya langsung gremet-gremet tangan Mamas tentunya nangis-nangis.

18.00
Saya ga kuat. Makin nangis-nangis. Saya bilang ke Mamas.."Ayahhh, aku ga kuat. Aku mau ILA aja, aku mau ILA, aku ga kuat sakitnya...".Mamas bilang "kuat Bu, ayo kuat..sebentar lagi kok yaa". Abis selesai CTG, suster ngecek bukaan saya. Udah bukaan 7. Eh 5 menit kemudian, dicek lagi. Udah bukaan 8. Begitu udah bukaan 8, suster manggil Obgyn saya, Dokter Yudit. Segala alat udah mulai disiapin. Dokter datang, saya lega rasanya..Kok rasanya udah kayak ada yang mau keluar, saya bilang ke susternya "sus, ini kok kayak ada yang mau keluar, saya mau ngeden yaa". Tapi belum boleh. Begitu dokter Yudit dateng, beliau meriksa bukaan saya, sambil bilang "maaf ya bu saya periksa". Tiba-tiba byuuurrr. Ketuban saya dipecahin. Abis ketuban dipecahin, saya disuruh miring kiri. Kata dokter Yudit, kalo mau ngeden, ngeden aja. Terus beliau keluar ruangan sebentar. Curiganya sih buka puasa dulu hahaha. Abis gitu, saya diminta suster untuk berbaring, posisi melahirkan.

Alhamdulillah ikut senam hamil, jadi disuruh ikutin instruksi suster, bisa. Dokter Yudit nunjukkin ke suami saya "nih pak, rambutnya udah keliatan". Lucunya, saya sempet nanya Mamas "tebel ga yay rambutnya?"-->parno anaknya ga berambut, hahaha. Begitu Mamas bilang "tebel yay, item rambutnya". Saya langsung semangat. 

Posisi siap, semua siap. Kata dokter Yudit, begitu kontraksi dateng, saya disuruh ngeden. Ngeden pertama gagal karena saya salah ngeden, saya ngeden masih bersuara. Mamas ngingetin "yay, ngeden kayak mau pup keras yaa, bisa!". Eh giliran ditungguin kontraksinya, malah ga dateng-dateng lagi. Eh terus dateng lagi, ambil napas, ngeden yang kelima, akhirnyaaa...

18.45
Eaaak..Eaaakk..alhamdulillah lahir anakku :')
Arsena
3102 gram, 49 cm

Lahirnya pake digunting sama dokter. Sakit? Ga berasa sama sekali karena kalah sama mulesnya kontraksi. Abis itu, Lilov ditaro di dada saya. I said "Assalamualaikum nak.."
Lilov putih sekali waktu lahir..Mamas diledekin sama dokter Yudit "putih ni pak, alhamdulillah..haha"

Meet Our "Sena"


IMD cuma 10 menit, bocahnya malah tidur di saya, ga mencari puting susu. Lalu, Lilov dibawa suster-suster untuk dibersihkan dan dihangatkan..

Di sisi lain, ari-ari di perut saya keluar juga. Setelah itu, saya dijait. Kata Mamas yang liat suntikan biusnya, suntikannya gede banget. Saya sih ga berasa sakit pas disuntik ya. Dijait pun saya dalam keadaan sadar. Sakit? Ga sakit sih kata saya. Kalah sama senengnya :') Yang bikin gondok, selama saya dijait, bayinya ga ditaro di dada saya, hiks. Bayinya lagi dibersihin. Jadilah, selama dijait itu, saya sendirian. Mamas sibuk foto-fotoin si bayi. Aku ditinggal -____-

Jait-menjait agak lama. Sekitar setengah jam baru selesai. Setelah selesai, dokter Yudit ngucapin selamat ke saya "Selamat ya bu, cepet banget prosesnya, hebat!". Orangtua saya nyamperin saya, mertua juga. Semua pada melukin n ngucapin selamat. Sambil bilang katanya si Lilov ganteng, putih, dan dikerubutin orang-orang di depan kamar bersalin. Saya bahkan belum hafal mukanya gimana karena pas IMD ga keliatan jelas. 

Setelah semua selesai, Lilov dibawa ke kamar bayi. Mamas nganterin. Saya masih di ruang bersalin. Ngapain? Update path!Update bbm!Haha,,anaknya kekinian banget kan..Lah mau ngapain lagi, abisnya saya sadar penuh. Barulah setelah liat foto-foto di hp, saya terharu..Alhamdulillah anakku sehat lengkap :') ;')

21.00
Orangtua saya pulang. Mertua pulang. Saya cuma berdua Mamas. Kami nungguin kamar. Kamar kelas 1 yang kami pesan full semua, akhirnya dialihkan ke kamar VIP.

22.00
Kamar baru siap, saya didorong kursi roda ke kamar. Wihiii. Rezeki banget kan kaaan dapet kamar VIP. Sampai di kamar, baru berasa ngilu sebadan-badan. Ya jaitan. Ya badan. Terus laper. Banget. Saya minta tolong Mamas beliin makanan dulu. Plus minta es jeruk hahaha, sempet banget kaan kepikiran es. Abis makanan dibeli, kami makan, baru istirahat..


Alhamdulillah..Alhamdulillah..Lilov lahir sehat lengkap..prosesnya cepet..bageuurr anak Ayah-Bubu..
Mengapa islam mengatakan..ibumu..ibumu..ibumu..baru ayahmu..
Karena melahirkan seberat ini :') *sungkem sama mamah*


See yaa all..

Wassalamualaikum

Comments

  1. Lahiran anak itu take terlupakan yak..

    ReplyDelete
  2. aaaahhh..terharuuuuuuu T_T
    jd deg2an khaaaannn niiih...mana gda sumami pulak...huhuhuhu..

    ReplyDelete
  3. wah hampir mirip cerita lahirannya, penanganan dokter yudit pun begitu ke aku,,, oh ya waktu digunting gak sakit karena kitanya udah dibius dulu jadi gak kerasa, dijahit pun biasa aja rasanya... aku tahu gegara suamiku ngasih tau pas aku bilang kok ga sakit ya... gitu hahaha...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Testpack : (finally) Dua garis

Assalamualaikum. #latepost Jadwal haid saya emang ga teratur, kadang mundur, kadang maju. Tapi untuk belakangan ini jadwal haid saya selalu maju. Saya juga pelupa banget, sampe akhirnya donlod aplikasi kalender pengingat jadwal haid. Jadwal haid saya bulan lalu di tanggal 10 Februari, estimasi tanggal haid saya di bulan Maret ini seharusnya sekitar tanggal 8/9 Maret.  Saya iseng testpack tanggal 8 Maret 2013, tapi hasil testpack negatif. Ya saya langsung buang lah. Saya cerita sama suami saya. Eh dia bilangnya gini "setiap kali km testpack, kok aku ga pernah ditunjukkin hasilnya ya". Lah ternyata si pak suami mau tau toh, haha. Baiklah besok-besok akan saya tunjukkin. Tanggal 11 Maret 2013 malam, saya belum haid juga. Payud*ra sih udah ngilu-ngilu, perut juga udah kram banget. Saya udah ngira kalo saya akan haid segera. Tapi pas pulang kuliah malem, saya minta anter ke K-24 dulu buat beli testpack. Saya beli dua testpack, yang murah dan yang lebih mahal biar ga s

Review : RS Hermina Bekasi Barat

Assalamualaikum Kalo yang orang Bekasi, pasti top-mind RS buat melahirkan dan periksa kandungan ya pasti RS Hermina. Soalnya dokter-dokter kandungan di RS ini banyak pilihan, dari dokter junior sampe dokter senior. RS Hermina ini juga punya 3 cabang di Bekasi. RS Hermina Bekasi, adanya di Bekasi Barat . Ini RS Hermina yang terlama di Bekasi. Yang kedua, RS Hermina Grand Wisata, yang lebih deket sama tol Bekasi Timur atau Tol Tambun. Yang terakhir, RS Hermina Galaxy, yang menjangkau selatan-nya Bekasi. Keren kan? Yang suka nge-bully Bekasi, sini mampir.. Bekasi ga kekurangan fasilitas RS loh :)  Yang mau saya review, RS Hermina Bekasi Barat yaa, kebetulan saya kontrol kandungan disini. Sempet nginep 3 hari dua malam juga hahaha. Meskipun beberapa kali ke RS Hermina Grand Wisata yang lebih deket sama rumah saya. Oiya, jadi mau review dikit tentang RS Hermina ini, ga detail-detail amat yak, soalnya kan belum sefasih yang udah pernah lahiran disini :) Plus : 1. Dokter kandun

Infus Zat Besi : Katanya sih ga sakit

Assalamualaikum Waktu usia kehamilan 9w4d di tanggal 1 Desember, saya kontrol ke dokter Yudit kan ya. Nah, di sesi konsultasi, dokter Yudit minta saya untuk segera infus zat besi karena hasil lab ferritin saya ga optimal. Ferritin? Penyerapan zat besi. Di orang normal angkanya 90, di saya cuma 49. Jadilah, saya berencana infus di akhir minggu. Menurut dokter Yudit, infus zat besi ini ga bakal lama, paling cuma sejam dua jam, jadi ga bakal nginep di RS. Okelah kalo begitu.  #throwback  7 Desember 2014 Hari ini udah rencana banget mau ke RS Hermina Grand Wisata yang deket rumah untuk infus zat besi. Kata dokter Yudit, infus zat besi ga harus di Hermina Bekasi, boleh dimana aja. Toh dokter Yudit udah ngasih keterangan di buku periksa saya. Jadi, rencana awal, sore-sore bakal ke Hermina deket rumah lah. Sepagiannya, saya masih sibuk ngerjain paper UTS karena harus dikumpul besok. Terus siang-siang udah jadi separo lah draftnya, terus karena kecapean plus pusing, itu dra