Skip to main content

Cerita Melahirkan Arsena - Part 1

Assalamualaikum.

I'm back! Maafkan ga apdet blog sama sekali. Abis lahiran langsung ngurusin bayi sendiri, tanpa bantuan orang lain kecuali suami. Itu juga nunggupak suami pulang kerja. Mengurus bayi sendiri ternyata begitu menantang. Ada drama-nya. Ada nangis-nangisnya. Lebih banyak bahagianya tapi..I feel so blessed for having Arsena.

Throwback

Sabtu, 27 Juni 2015
Usia kehamilan memasuki 39w2d. Belum ada mules sama sekali. Minggu lalu udah kontrol ke dokter Yudit dan ga dibolehin kontrol lagi kecuali di minggu 40 belum ada mules. Obgynku kelewat santaaai. Ga pake deh tiap seminggu sekali kontrol. Itu aja minggu lalu kecentilan pengen kontrol padahal ga disuruh hahaha. 

Biasanya, sabtu-sabtu saya senam hamil. Sabtu itu, saya ga mau senam hamil. Saya bosen. Udah 4 kali senam hamil tapi belum lahir-lahir juga haha. Saya akhirnya bilang sama suami kalo saya pengen main plus nginep di rumah orangtua saya. Sekalian juga pengen ke mal sama keluarga saya. Niat jalan di mal biar mempercepat lahiran. Tapi saya udah siap-siap, satu ransel buat lahiran mesti dibawa. Akhirnya, kami ke rumah orangtua saya. Naik motor tentunya dong ya.

Jam 11 siang. Saya beserta orangtua plus kakak saya plus suami akhirnya pergi ke mal. Kebetulan memang lagi ada sale besar. Suami ngeborong kemeja kerja. Saya beli sendal. Ibu sama Kakak saya ngeborong kemeja juga. Muter-muter dikit, saya udah mulai ngos-ngosan. Iyalah. Perut udah kayak bawa bola berat banget rasanya. Abis gitu, muter-muter dikit terus saya laper. Pak suami lalu nemenin saya makan di Mujigae, huahaha maapkan aku ya Mamase..kasian dia, puasa ramadhan tengah hari bolong nemenin istrinya makan. Abis dzuhur, kami pulang. Seharian ditunggu-tunggu, kontraksi yang ditunggu tak kunjung muncul. Lalu, kakak saya memunculkan ide brilian "besok ngemal lagi yuk, kita liat sale lagi".


Minggu, 28 Juni 2015
Selamat ulang tahun, kaka! Kakak saya ngarepin banget saya brojol pas hari itu biar anak saya barengan ultahnya sama dia, haha. Siang-siang, akhirnya saya, pak suami, dan kakak saya pergi ke mal. Dianter ayah saya naik mobil, abis gitu ayah saya pulang. Dibolehin ke mal karena malnya deket sama RS. Tujuan pertama adalah beli handphone baru buat saya. Jadilah, saya sama Mamas kena musibah. Hp kami rusak dua-duanya. Masuk service center dua-duanya. Saya sempet dipinjemin hp sama temennya kakak saya. Ribet ya?Emang. Mamas kasian sama saya, akhirnya saya diajakin buat beli handphone baru. Buat fotoin anak katanya. Alhamdulillah beli hp baru kesampean. Setelah itu, saya makan siang. Lagi-lagi pak suami mesti bersabar nemenin istrinya makan, haha. Sementara itu, kakak saya melanglang buana liat sale. Abis makan, saya sempet ke Matahari dulu, beli bra menyusui. Jalan-jalan bentar, terus perut saya mulai kenceng plus punggung kecetit. Saya ngos-ngosan. Cari taksi buat pulang tapi ga ada. Akhirnya pulang naik angkot. Inhale-Exhaleeee..

Jam 11 malem, saya agak-agak mules. Saya terus nyolek pak suami. Saya bilang "yay, aku mules." Pak suami bilang "mules apaan?coba rasain dulu". Terus saya jadi mikir lagi, mules apa ini ya, hahaha. Saya akhirnya nyuruh pak suami tidur sambil merasakan mules ini. 

Senin, 29 Juni 2015

01.00
Saya mulai gelisah ga bisa tidur. Saya akhirnya sadar kalo mules saya ini adalah kontraksi. Saya bangunin pak suami dan bilang kalo mules saya mules mau melahirkan. Abis gitu, dia juga mulai ga bisa tidur. Saya mulai nyatetin jeda kontraksinya. Masih jauh-jauhan sih. Kadang 10 menit, kadang 20 menit. Masih ga teratur. Makin lama kok ya makin teratur.

04.00
Makan saur. Saya ikut makan. Sambil makan sambil bilang ke orangtua saya kalo saya udah mulai ngerasain mules.Saya lalu minta dianter ke RS abis subuh. Abis gitu, saya beberes barang bawaan plus mandi. 

06.00
Ujung-ujungnya baru berangkat ke RS jam segini. Ibu saya sekalian berangkat kerja. Sampai di lobi, langsung ke pendaftaran. Urus ini itu bentar. Abis gitu, dianter pake kursi roda ke ruang bersalin sama security. Mulesnya masih bisa ditolerir. Tapi ya mules.

06.30
Ruang bersalin penuh semua. Saya sempat dicuekin dulu huhu. Bidan yang nanganin saya di pendaftaran kamar bersalin kebetulan familiar. Mbak bidan yang dulu ngerawat saya pas saya keracunan makanan, hahaha. Karena ruangan penuh semua, akhirnya saya diselipin di ruang melahirkan vip. Harusnya sendiri, tapi dipaksa berdua. Sampai di ruang bersalin, saya dicek dala. Udah kebayang bakalan horor. Ternyataa...gitu doang sih. Ga berasa sakit. Baru bukaan 1. 

Saya di CTG, untuk ngeliat kontraksinya. Ternyata oh ternyata, kontraksinya masih 10 menit sekali. Kebetulan sekali, dokter Yudit lagi ada di RS. Beliau abis ada tindakan. Jadilah saya divisit sama dokter Yudit. Pas ketemu dokter Yudit, beliau malah senyum-senyum nyuruh saya pulang "Udah bu, pulang dulu aja. Ngapain nunggu di RS, nanti stres sendiri. Paling cepet lahir nanti malem atau besok pagi lah". Ok dok. Abis divisit dokter, abis gitu kami pulang. Yuhuu. Pak suami kerja. Ayah saya juga kerja. Di rumah cuma berdua sama kakak saya yang kebetulan sakit. 








Terus gimana cerita lahirannya? Next yaaa ditunggu..

Wassalamualaikum

Comments

  1. Lanjutin.. lanjutin.. lanjutiiin..! :D
    Sena bobo yang anteng ya naaak. Biar bubunya bisa lanjut cerita. Hihi..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Testpack : (finally) Dua garis

Assalamualaikum. #latepost Jadwal haid saya emang ga teratur, kadang mundur, kadang maju. Tapi untuk belakangan ini jadwal haid saya selalu maju. Saya juga pelupa banget, sampe akhirnya donlod aplikasi kalender pengingat jadwal haid. Jadwal haid saya bulan lalu di tanggal 10 Februari, estimasi tanggal haid saya di bulan Maret ini seharusnya sekitar tanggal 8/9 Maret.  Saya iseng testpack tanggal 8 Maret 2013, tapi hasil testpack negatif. Ya saya langsung buang lah. Saya cerita sama suami saya. Eh dia bilangnya gini "setiap kali km testpack, kok aku ga pernah ditunjukkin hasilnya ya". Lah ternyata si pak suami mau tau toh, haha. Baiklah besok-besok akan saya tunjukkin. Tanggal 11 Maret 2013 malam, saya belum haid juga. Payud*ra sih udah ngilu-ngilu, perut juga udah kram banget. Saya udah ngira kalo saya akan haid segera. Tapi pas pulang kuliah malem, saya minta anter ke K-24 dulu buat beli testpack. Saya beli dua testpack, yang murah dan yang lebih mahal biar ga s

Review : RS Hermina Bekasi Barat

Assalamualaikum Kalo yang orang Bekasi, pasti top-mind RS buat melahirkan dan periksa kandungan ya pasti RS Hermina. Soalnya dokter-dokter kandungan di RS ini banyak pilihan, dari dokter junior sampe dokter senior. RS Hermina ini juga punya 3 cabang di Bekasi. RS Hermina Bekasi, adanya di Bekasi Barat . Ini RS Hermina yang terlama di Bekasi. Yang kedua, RS Hermina Grand Wisata, yang lebih deket sama tol Bekasi Timur atau Tol Tambun. Yang terakhir, RS Hermina Galaxy, yang menjangkau selatan-nya Bekasi. Keren kan? Yang suka nge-bully Bekasi, sini mampir.. Bekasi ga kekurangan fasilitas RS loh :)  Yang mau saya review, RS Hermina Bekasi Barat yaa, kebetulan saya kontrol kandungan disini. Sempet nginep 3 hari dua malam juga hahaha. Meskipun beberapa kali ke RS Hermina Grand Wisata yang lebih deket sama rumah saya. Oiya, jadi mau review dikit tentang RS Hermina ini, ga detail-detail amat yak, soalnya kan belum sefasih yang udah pernah lahiran disini :) Plus : 1. Dokter kandun

Infus Zat Besi : Katanya sih ga sakit

Assalamualaikum Waktu usia kehamilan 9w4d di tanggal 1 Desember, saya kontrol ke dokter Yudit kan ya. Nah, di sesi konsultasi, dokter Yudit minta saya untuk segera infus zat besi karena hasil lab ferritin saya ga optimal. Ferritin? Penyerapan zat besi. Di orang normal angkanya 90, di saya cuma 49. Jadilah, saya berencana infus di akhir minggu. Menurut dokter Yudit, infus zat besi ini ga bakal lama, paling cuma sejam dua jam, jadi ga bakal nginep di RS. Okelah kalo begitu.  #throwback  7 Desember 2014 Hari ini udah rencana banget mau ke RS Hermina Grand Wisata yang deket rumah untuk infus zat besi. Kata dokter Yudit, infus zat besi ga harus di Hermina Bekasi, boleh dimana aja. Toh dokter Yudit udah ngasih keterangan di buku periksa saya. Jadi, rencana awal, sore-sore bakal ke Hermina deket rumah lah. Sepagiannya, saya masih sibuk ngerjain paper UTS karena harus dikumpul besok. Terus siang-siang udah jadi separo lah draftnya, terus karena kecapean plus pusing, itu dra