Skip to main content

Dua malam di Hermina

Assalamualaikum

I miss blogging much! Maafkan ya lama ga ngeblog. Laporan praktikum manggil-manggil buat disentuh ni. Udah mana ngejar UTS di awal bulan depan, jadinya saya mesti kerja rodi biar bisa ikut UTS. Doain ya mentemen biar Bubu plus Lilov biasa ikut UTS semester ini. 

#Day1
Berlanjut dari postingan saya yang lalu. Jadi setelah dapat kamar kelas 2, saya didorong pakai kursi roda dari IGD ke kamar. Alhamdulillah udah ada yang nemenin, ayah plus kakak saya. Mereka yang bawain tas saya. Ibu saya baru dikabarin kalo saya mesti dirawat setelah saya dapet kamar. Beliau shock berat, haha. Sengaja dikabarin terakhir soalnya takut panik. Suami saya yang lagi dinas di luar kota pun bergegas pulang naik kereta karena istrinya mesti dirawat. Saya semacam mengacaukan jadwal SPJ-nya. 

Kamar kelas 2-nya Hermina terdiri dari 3 tenpat tidur. Alhamdulillah saya dapet kasur di pojok ruangan, jadi ga keganggu sama orang yang lalu lalang. Depan tempat tidur saya juga toilet, lega lah ga harus jauh-jauh kalo kepengen ke toilet. Ga lama setelah masuk kamar, saya dianterin makanan. Saya langsung makan dengan lahap. Mengingat udah muntah sampai puluhan kali, perut kosong melompong. Hebatnya ni ya, setelah diinfus, muntah saya berenti. Makanan di Hermina sih so-so aja ya. Masih masuk taraf ada rasa-nya. Bada maghrib, ibu saya datang. Dia agak ngerasa bersalah begitu tau penyebab muntah-muntah saya adalah Kroket yang ia bawakan kemarin itu. Untungnya saya ga sampai dimarahin gara-gara dengan bodohnya makan Kroket hari kemarin haha :p

Setelah berembug, ibu saya yang memutuskan untuk stay di RS nemenin saya. Ayah dan kakak saya pulang ke rumah. Oiya, berhubung saya lagi hamil, saya dirawatnya di lantai yang bareng-bareng sama ibu abis melahirkan. Jadi, dua pasien sebelah saya adalah ibu-ibu yang abis operasi caesar. Penunggu kalo malam hari pun, diwajibkan perempuan semua (bahkan suami tidak boleh menemani). Malam hari, saya diberikan beberapa obat. Obat lambung yang pasti. Infusan saya juga sempat diganti dengan vitamin mengingat saya sedang hamil. Ada juga obat yang disuntikkin via infus, obat lambung juga nampaknya. 

Ibu saya sempat turun ke bawah untuk cari makan malam plus cemilan buat saya. Beliau bawain saya roti. Lumayan buat ngemil kalo malem kelaperan. Oiya, selama saya diinfus, ibu saya nemenin saya bolak-balik ke toilet karena saya beser bangeeet. Ah mom, cintamu memang sepanjang waktu :') Ga enaknya di kelas 2, kamarnya sempit banget banget. Beda banget sama RS sebelah yang kelas 2-nya masih luas dan manusiawi. Buat kursi penunggu aja, space di samping tempat tidur pun terbatas sekali. 

Sepanjang malam, saya kontak-kontakan sama suami. Jam 10 malam, saya ketiduran. Hiks, obgyn saya ga jadi visit. Padahal beliau ada jadwal praktek. Kayaknya sibuk si dokter. Saya baru bangun sekitar jam 2. Suami saya ngabarin kalo dia udah di Hermina dari tengah malam. Alhamdulillah. Tapi karena ga boleh masuk ke kamar saya, dia terpaksa tidur di Mushola :( Jam 2 itu infus saya habis, tapi susternya belum gantiin infusan. Akhirnya, saya yang mencet bel barulah suster datang. Waktu gantiin infusan, susternya sekalian bawa doppler, untuk ngecek detak jantung Lilov. Alhamdulillah detak jantungnya normal. Abis gitu, saya lanjut tidur lagi sampe pagi. 

#Day2
Pagi-pagi, saya bangun untuk sholat. Tayamum lah ya karena susah banget untuk wudhu bawa-bawa infusan. Ayah saya ga lama dateng untuk nganterin baju ganti saya plus baju ibu saya karena ibu saya mesti kerja hari itu. Saya masih belum ketemu sama suami saya karena suami saya lanjut tidur di Mushola, huhu kasian. Saya yang pagi-pagi kelaperan, kepaksa ngemilin roti dulu karena sarapannya belum datang. Jam 7an, sarapan baru datang. Sarapannya cuma bubur ayam -_- Udah ngebayangin makan nasi, eh ternyata cuma begitu saja. Udah mana lah saya ga doyan bubur kan. Karena mesti makan, ya dimakan juga deh. Sebelum makan, minum obat dulu. Setelah makan, fuuh, finally ketemu suami saya juga! Peluk Mamas! Boleh masuk penunggu laki-laki kalo udah pagi. Jadinya pagi itu, yang nungguin saya dua orang, ibu saya plus suami saya. Tapi ibu saya berangkat ke kantor jam 9. Suami saya yang masih diitung SPJ, bolos ngantor untuk nemenin istrinya. 

Jam 11an, mertua saya dateng. Mereka keheranan begitu tau saya dirawat karena sebelumnya saya sehat-sehat aja. Namanya juga keracunan, dadakan jadinya -_- Saya kelaperan, lagi-lagi ngemilin roti plus pisang yang dibawain mertua saya. Lumayan buat ganjel perut sampe makan siang. Siang-siang, internis saya visit. Dia nanyain keadaan saya. Masih sempet ngeledekin saya dong itu si pak dokter..dia ingetnya saya abis makan arem-arem terus keracunan. Saya bilang "kroket, dok..kroket.." Dia ngebacain hasil lab saya yang kemarin itu, eh ternyata leukosit saya tinggi. Dokter minta saya dicek lab ulang, kalo besok hasilnya belum bagus, ya belum boleh pulang. Terus internis saya bilang juga kalo dokter Yudit (obgyn saya) bakalan visit saya sore/malem. Baiklah dok.

Jam 12 lewat, makan siang baru dateng dong. Makanannya ya gitu deh. Ga segitu enak. I expect too much. Nganggepnya Hermina kayak RS sebelah. Abis nemenin saya makan, Mamas baru izin cari makan. Dia jajan soto di bawah. Senengnya nih, pas balik ke kamar, Mamas bawain saya siomay dan es podeng. Itu enak bangeeet. Haha bandel ya, sakit-sakit tetep makanin siomay. Yang penting kan ga basi #eh

Sore-sorenya dibantuin ganti baju sama Mamas. Setengah mati itu juga ngeluarin infusan dari baju. Infusan saya yang kemarin itu modelnya kayak kantung, bukan kayak infusan biasa. Fuuh  bisa juga akhirnya itu ganti baju..Alhamdulillah punya suami sabar..Maghrib tiba..makanan saya juga..eh ga enak lagi makanannya..Saya minta tolong ke Mamas buat beliin mie goreng seafood di depan RS. Haha, kok ini jadi semacam kulineran di RS ya :)) Eh ternyata mie goreng seafoodnya enak banget dong. Eh pas lagi makan, ada obgyn yang mau periksa. Jadi, Dokter Yudit (obgyn saya) kebetulan gagal visit lagi karena mesti bantuin lahiran. Suster nanya, mau digantiin sama istrinya atau ga untuk periksa. Istrinya dokter Yudit obgyn juga, namanya dokter Rizky. Sama dokter Rizky diperiksa juga detak jantung Lilov. Terus saya agak dimarahin karena perut saya kontraksi tapi saya ga paham. Lah dok, namanya awam..Akhirnya diajarin sih untuk ngerasain kontraksi atau ga. Sampe saat ini juga masih ga paham..Dokter nyaranin saya untuk minum air putih minial 3L sehari.Oh, suddenly i miss my own obgyn..

Jam 10 malem, Mamas diusir security, huhu. Laki-laki ga boleh nungguin. Jadi malem itu, saya di kamar sendirian  karena ibu saya pun ga bisa ke RS :(( Ya alhamdulillah rame sih kamarnya sama suara bayi-bayi di sebelah. Yang repot itu pas mau ke toilet, infusan mesti saya sangkutin di pintu karena di kamar mandi RS ga ada tiang gantungan buat infus. Tiang gantungan infus saya jelek banget, ga bisa digeret-geret dong. Bolak-balik ke toilet jadi nightmare sendiri karena repot. Jam 3an, infus saya habis dan mesti mencet bel sendiri karena susternya ga visit. Diganti infus sekalian cek detak jantung Lilov. Normal alhamdulillah.

#Day3
Mamas balik ke kamar bada subuh. Abis gitu, dia siap-siap ke kantor. Hiks sedih ditinggal lagi. Yang lebih sedih, pas sarapan dateng, porsinya kayak nasi kucing, Mamaaaaaa...Abis sarapan, saya tetep laper dong. Akhirnya ngemilin segala yang ada di kamar. Dari roti sampe pisang. Sampe temen saya bbm mau nengokin, nanya mau dibawain apa, saya request dibawain apel buat cemilan, haha. Detak jantung lilov bolak-balik dicek suster. Tapi susternya ga canggih, ga nemu-nemu detak jantungnya sampe panik sendiri. Segala ganti doppler lah. Tapi saya kekeuh kalo Lilov baik-baik aja soalnya si Lilov petakilan banget di perut. Jam 8an, dicek lagi detak jantungnya. Ketemu. Tapi agak jauh, jadi susah diitung. Jam 9an, dicek lagi. Eh agak cepet detak jantungnya. Saya disuruh bedrest, terus dipasangin oksigen. Bukannya tenang, saya malah panik dong. Susternya bilang "bukan buat ibu ya, buat bayinya. Oksigennya hirup aja". Sejam berlalu, pas dicek lagi, detak jantung Lilov masih agak cepet. Saya mesti hirup oksigen terus akhirnya. Ini nampaknya gara-gara saya mellow kepengen pulang dari RS, Lilov juga ikut senewen di perut. Saya bbm Mamas biar dia pulang cepet. Mana enak coba lagi sakit sendirian di RS.

Jam 11an, sahabat saya jenguk. Yay! Ada temen ngobrol. Setengah jam kemudian, Mamas dateng. Dia izin dari kantor. Saya seneng banget akhirnya ada yang nemenin. Jam makan siang, baru oksigen saya dilepas. Tapi tetep dikontrol bolak-balik detak jantung Lilov pake doppler. Saya udah mulai rewel, nanya kapan Dokter Yudit plus Internis saya visit. Internis saya visit sore, alhamdulillah leukosit saya udah normal. Dia ngizinin saya pulang kalo dokter Yudit ngizinin juga. Maklum, yang sakit ibu hamil, jadi ekstra dokter. Maghrib-maghrib, finally dokter Yudit visit! Dia yang cool abis gitu, cuma nanya "Internis udah ngizinin pulang? Boleh kok kalo mau pulang". Saya yang minta buat di USG, untuk mastiin Lilov baik-baik aja. Dokter Yudit ngeiyain dan dia minta saya untuk ke ruangan dia untuk USG. 10 menit berselang, saya dibawa suster untuk naik kursi roda ke ruangan dokter Yudit di gedung sebelah.



infus vitamin juga



sarapan yang porsinya kayak nasi kucing

kepaksa pake oksigen


to be continued..

Comments

  1. sehat sehat yaaaaaaa,lilov...
    ibunya masih aja rewel kalo soal makanan yaaaaah. hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi onty Vyy..sehat2 juga ya onty :*
      Hahaha ibunya lilov tetep protes mulu ya soal makanan, siapa suruh porsinya dikit :p

      Delete
  2. bubuuuuuu ih gembul sekarang..hihihi keliatan oi tuuuhh pipinya.......hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi..itu baru foto neng..aslinya lebih gembuuul..
      udah naik 7 kg :D

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Testpack : (finally) Dua garis

Assalamualaikum. #latepost Jadwal haid saya emang ga teratur, kadang mundur, kadang maju. Tapi untuk belakangan ini jadwal haid saya selalu maju. Saya juga pelupa banget, sampe akhirnya donlod aplikasi kalender pengingat jadwal haid. Jadwal haid saya bulan lalu di tanggal 10 Februari, estimasi tanggal haid saya di bulan Maret ini seharusnya sekitar tanggal 8/9 Maret.  Saya iseng testpack tanggal 8 Maret 2013, tapi hasil testpack negatif. Ya saya langsung buang lah. Saya cerita sama suami saya. Eh dia bilangnya gini "setiap kali km testpack, kok aku ga pernah ditunjukkin hasilnya ya". Lah ternyata si pak suami mau tau toh, haha. Baiklah besok-besok akan saya tunjukkin. Tanggal 11 Maret 2013 malam, saya belum haid juga. Payud*ra sih udah ngilu-ngilu, perut juga udah kram banget. Saya udah ngira kalo saya akan haid segera. Tapi pas pulang kuliah malem, saya minta anter ke K-24 dulu buat beli testpack. Saya beli dua testpack, yang murah dan yang lebih mahal biar ga s

Review : RS Hermina Bekasi Barat

Assalamualaikum Kalo yang orang Bekasi, pasti top-mind RS buat melahirkan dan periksa kandungan ya pasti RS Hermina. Soalnya dokter-dokter kandungan di RS ini banyak pilihan, dari dokter junior sampe dokter senior. RS Hermina ini juga punya 3 cabang di Bekasi. RS Hermina Bekasi, adanya di Bekasi Barat . Ini RS Hermina yang terlama di Bekasi. Yang kedua, RS Hermina Grand Wisata, yang lebih deket sama tol Bekasi Timur atau Tol Tambun. Yang terakhir, RS Hermina Galaxy, yang menjangkau selatan-nya Bekasi. Keren kan? Yang suka nge-bully Bekasi, sini mampir.. Bekasi ga kekurangan fasilitas RS loh :)  Yang mau saya review, RS Hermina Bekasi Barat yaa, kebetulan saya kontrol kandungan disini. Sempet nginep 3 hari dua malam juga hahaha. Meskipun beberapa kali ke RS Hermina Grand Wisata yang lebih deket sama rumah saya. Oiya, jadi mau review dikit tentang RS Hermina ini, ga detail-detail amat yak, soalnya kan belum sefasih yang udah pernah lahiran disini :) Plus : 1. Dokter kandun

Infus Zat Besi : Katanya sih ga sakit

Assalamualaikum Waktu usia kehamilan 9w4d di tanggal 1 Desember, saya kontrol ke dokter Yudit kan ya. Nah, di sesi konsultasi, dokter Yudit minta saya untuk segera infus zat besi karena hasil lab ferritin saya ga optimal. Ferritin? Penyerapan zat besi. Di orang normal angkanya 90, di saya cuma 49. Jadilah, saya berencana infus di akhir minggu. Menurut dokter Yudit, infus zat besi ini ga bakal lama, paling cuma sejam dua jam, jadi ga bakal nginep di RS. Okelah kalo begitu.  #throwback  7 Desember 2014 Hari ini udah rencana banget mau ke RS Hermina Grand Wisata yang deket rumah untuk infus zat besi. Kata dokter Yudit, infus zat besi ga harus di Hermina Bekasi, boleh dimana aja. Toh dokter Yudit udah ngasih keterangan di buku periksa saya. Jadi, rencana awal, sore-sore bakal ke Hermina deket rumah lah. Sepagiannya, saya masih sibuk ngerjain paper UTS karena harus dikumpul besok. Terus siang-siang udah jadi separo lah draftnya, terus karena kecapean plus pusing, itu dra