Skip to main content

Infus Zat Besi : Katanya sih ga sakit

Assalamualaikum


Waktu usia kehamilan 9w4d di tanggal 1 Desember, saya kontrol ke dokter Yudit kan ya. Nah, di sesi konsultasi, dokter Yudit minta saya untuk segera infus zat besi karena hasil lab ferritin saya ga optimal. Ferritin? Penyerapan zat besi. Di orang normal angkanya 90, di saya cuma 49. Jadilah, saya berencana infus di akhir minggu. Menurut dokter Yudit, infus zat besi ini ga bakal lama, paling cuma sejam dua jam, jadi ga bakal nginep di RS. Okelah kalo begitu. 

#throwback 
7 Desember 2014
Hari ini udah rencana banget mau ke RS Hermina Grand Wisata yang deket rumah untuk infus zat besi. Kata dokter Yudit, infus zat besi ga harus di Hermina Bekasi, boleh dimana aja. Toh dokter Yudit udah ngasih keterangan di buku periksa saya. Jadi, rencana awal, sore-sore bakal ke Hermina deket rumah lah.

Sepagiannya, saya masih sibuk ngerjain paper UTS karena harus dikumpul besok. Terus siang-siang udah jadi separo lah draftnya, terus karena kecapean plus pusing, itu draft UTS belum dilanjutin lagi. Terus pas udah agak sore, saya sama Mamas udah siap mau berangkat ke Hermina kan, eh tetiba orangtua saya ngabarin. Kalo mereka udah deket rumah saya dan mau mampir. Baiklah jadi nunggu orangtua saya dulu. Pas ayah ibu saya sampe, eh ayah saya kecapean, akhirnya sempet tidur dulu di rumah. Yah, molor deh ke Herminanya..

Sekitar pukul 17, barulah berangkat, eh eh sebelum ke Hermina nyangkut dulu di Pizza Hut karena orangtua saya laper. Ayah saya yang ga bisa makan modern, langsung nanya ke saya : ada nasi kan dek disana?Haha. Kebetulan banget, saya juga lagi kepengen pasta. Yaudah, makan berempat, berlima deh sama Lilov, alhamdulillah nikmat bisa kumpul sama keluarga. Ayah saya yang tetep kocak, dia memasrahkan pilihan menu kepada anaknya, yang penting pesenin nasi :)) Jadilah rada aneh pas ke Pizza Hut kemarin itu. Saya makan pasta. Ayah saya makan nasi, Yang beneran makan pizza cuma Mamas dan Ibu saya, mereka emang doyan banget pizza sih. 

Sejam kemudian, makan selesai. Terus orangtua saya nganterin kami dulu ke RS yang kebetulan emang sebrang-sebrangan sama Pizza Hut. Orangtua saya lanjut pulang, saya sama Mamas aja yang ke RS. Kami sholat maghrib dulu. Abis selesai sholat maghrib, saya sama Mamas langsung ke bagian informasi. Terus kami diarahkan ke IGD. Dokter Yudit juga pernah bilang, untuk infus zat besi ini, langsung saja ke IGD. Setelah kami sampai di IGD, suster di IGD menanyakan keperluan kami. Saya lalu menunjukkan buku berobat saya dan menunjukkan catatan dari dokter Yudit yang meminta saya untuk infus zat besi. Saya diminta untuk berbaring di kasur IGD, sementara Mamas diminta untuk ke bagian farmasi untuk menebus resep infus.

Setengah jam berlalu. Mamas masih belum kembali, Saya sih enak-enak aja baringan di kasur, nyantai banget pokoknya. Sekalian istirahat juga sih. Nah sejam berlalu, Mamas belum balik-balik juga ke IGD. Saya hubungin susah, eh ga taunya hpnya lobet. Mamas bilang antrian farmasi banyak banget. Selama nunggu Mamas, saya udah bolak-balik ditanya suster, haha. Ditanyain sakit apa lah, ditanyain kok suaminya yang dari farmasi belum balik. Akhirnya Mamas datang membawa infusan dll. Abis gitu Mamas nunjukkin harganya ke saya. 400 ribu aja dong itu infusan hhahaha *emoticon nangis*

Setelah itu, Mamas laporan ke suster. Lalu ga lama ada suster yang datengin saya. Dia bilang kalo dia cuma bakalan masang jarum infus ke tangan saya, tapi infusannya itu baru dipasang di poli kebidanan karena saya pasien kebidanan. Oh baiklah.. Jadilah abis itu saya ditusuk jarum infus (dan ga mau saya liat cara masangnya). Ga begitu sakit sih, mungkin karena susternya masukinnya tenang. Terus, setelah jarum terpasang, saya diajak pindah ke poli kebidanan di lantai 2 pake kursi roda. Tentunya dengan jarum infus udah kepasang di tangan. Ngeri-ngeri sedap kalo dibayangin.

Sampai di lantai dua, saya diarahkan ke bidan-bidan yang ada disana. Suster yang dari IGD cuma mengantar sampai sini. Saya diminta untuk ke ruangan observasi, apa ya nama ruangannya. Pokoknya kalo kata bidan mah, ruangan istirahat untuk orang yang abis operasi sesar. Sesampainya di ruangan, saya ga langsung diinfus, jadi itu jarum infus masih kepasang tunggal tanpa ada infusan. Bidan/suster disana langsung nanya-nanya tentang data saya. Saya pasien dokter siapa. Riwayat kehamilannya gimana. Abis data saya diperoleh, barulah bidan nelp dokter Yudit. Setelah approved, barulah saya diinfus :o

Infusannya sendiri bukan cairan kayak infusan biasa. Infusannya warna merah marun pekat. Kalo kata bidan, ini semacam darah sintesis, venofer namanya. Fungsinya ya menambah zat besi. Duh maap pokoknya begitu ya. Setelah infusan terpasang, saya lanjut belajar tuh. Badan di RS, tapi pikiran di paper UTS. Life must go on. Jadi selama setengah jam, saya sempet baca buku dan bikin coret-coretan buat tugas saya. Abis gitu saya meringis-ringis. Kok tangan saya sakit banget yang diinfus. Awalnya masih bisa tahan. Lama-lama saya ga kuat dan minta tolong Mamas manggilin bidan/suster. Saya ditanya kenapa. Saya bilang tangan saya sakit banget. Akhirnya aliran infusannya dikecilin. Meskipun udah dikecilin, tetep aja sakit. Niat mau tidur, ga bisa sama sekali. Saya nangis dong. Mamas ga tega liatnya. Jadi dia nyemangatin saya setiap infusannya berkurang dikit. Bidannya juga bilang ke saya, kata dokter Yudit, kalo semisal saya ga kuat, boleh ga dilanjut infusnya. Demi anak mah sakit juga dijalanin aja :')

IGD

R.Observasi tempat saya diinfus

Life must go on

infusannya kayak darah

menghibur istri yang lagi kesakitan

Niat infus yang kata dokter cuma sejam dua jam, molor sampe 3 jam karena saya ga kuat dan aliran infus terpaksa dipelanin. Pukul 22.00, infus saya baru habis. Panggil suster/bidan, untuk laporin ini. Susternya juga nelp ke dokter Yudit. Saya baru dibolehin pulang setengah jam kemudian karena takut pusing/lemes. Akhirnya saya tidur-tiduran dulu tuh selama setengah jam. Baru siap-siap pulang. Pulangnya naik taksi dan muntah-muntah di taksi. Hiks. Ditambah lagi paper UTS belom kelar, Gustiiii!!

Tapi beneran loh, abis diinfus zat besi itu, badan saya segeran. Lebih sehat aja rasanya. Ya semoga bumil-bumil lainnya sehat normal semuanya ya, biar ga usah ada drama infus-infusan kayak saya :)
Thanks untuk IGD Hermina Grand Wisata yang udah sangat koperatif, suster dan bidan-bidannya jugaa..Makasih dokter Yudit yang udah standby terusss..

Wassalamualaikum


Comments

  1. mangattttt,put...
    khan ada dokter ganteng yg setia menemani... hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi vyyy..
      hihi dokter palsu dia mah, yang penting ngehibur istri

      Delete
  2. Mama saya dulu juga diinfus gtu mba, karena radang lambung, perih kayak diiris pisau yah rasanya, mba? sehat-sehat terus yaa lilov dan bundanya :) lilov ntar jadi anak pinter insya Allah, ikut bundanya belajar terrus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di aku, cenderung nyut-nyutan nyeri gitu mba tanganku, kayak abis kebentur pas lagi diinfus. salam sayang buat mamanya mba tyara yaa :)
      hihi aamiin aamiin, makasih doanya tante buat lilov :*

      Delete
  3. Mba mau tanya biayanya wkt infus itu berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh lupa mba berapa harganya 😂 kayaknya sekitar 400rb

      Delete
  4. Infus venovernya ga sampai rawat inap brti ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Testpack : (finally) Dua garis

Assalamualaikum. #latepost Jadwal haid saya emang ga teratur, kadang mundur, kadang maju. Tapi untuk belakangan ini jadwal haid saya selalu maju. Saya juga pelupa banget, sampe akhirnya donlod aplikasi kalender pengingat jadwal haid. Jadwal haid saya bulan lalu di tanggal 10 Februari, estimasi tanggal haid saya di bulan Maret ini seharusnya sekitar tanggal 8/9 Maret.  Saya iseng testpack tanggal 8 Maret 2013, tapi hasil testpack negatif. Ya saya langsung buang lah. Saya cerita sama suami saya. Eh dia bilangnya gini "setiap kali km testpack, kok aku ga pernah ditunjukkin hasilnya ya". Lah ternyata si pak suami mau tau toh, haha. Baiklah besok-besok akan saya tunjukkin. Tanggal 11 Maret 2013 malam, saya belum haid juga. Payud*ra sih udah ngilu-ngilu, perut juga udah kram banget. Saya udah ngira kalo saya akan haid segera. Tapi pas pulang kuliah malem, saya minta anter ke K-24 dulu buat beli testpack. Saya beli dua testpack, yang murah dan yang lebih mahal biar ga s

Review : RS Hermina Bekasi Barat

Assalamualaikum Kalo yang orang Bekasi, pasti top-mind RS buat melahirkan dan periksa kandungan ya pasti RS Hermina. Soalnya dokter-dokter kandungan di RS ini banyak pilihan, dari dokter junior sampe dokter senior. RS Hermina ini juga punya 3 cabang di Bekasi. RS Hermina Bekasi, adanya di Bekasi Barat . Ini RS Hermina yang terlama di Bekasi. Yang kedua, RS Hermina Grand Wisata, yang lebih deket sama tol Bekasi Timur atau Tol Tambun. Yang terakhir, RS Hermina Galaxy, yang menjangkau selatan-nya Bekasi. Keren kan? Yang suka nge-bully Bekasi, sini mampir.. Bekasi ga kekurangan fasilitas RS loh :)  Yang mau saya review, RS Hermina Bekasi Barat yaa, kebetulan saya kontrol kandungan disini. Sempet nginep 3 hari dua malam juga hahaha. Meskipun beberapa kali ke RS Hermina Grand Wisata yang lebih deket sama rumah saya. Oiya, jadi mau review dikit tentang RS Hermina ini, ga detail-detail amat yak, soalnya kan belum sefasih yang udah pernah lahiran disini :) Plus : 1. Dokter kandun