Skip to main content

Review : RS Hermina Bekasi Barat

Assalamualaikum

Kalo yang orang Bekasi, pasti top-mind RS buat melahirkan dan periksa kandungan ya pasti RS Hermina. Soalnya dokter-dokter kandungan di RS ini banyak pilihan, dari dokter junior sampe dokter senior. RS Hermina ini juga punya 3 cabang di Bekasi. RS Hermina Bekasi, adanya di Bekasi Barat . Ini RS Hermina yang terlama di Bekasi. Yang kedua, RS Hermina Grand Wisata, yang lebih deket sama tol Bekasi Timur atau Tol Tambun. Yang terakhir, RS Hermina Galaxy, yang menjangkau selatan-nya Bekasi. Keren kan? Yang suka nge-bully Bekasi, sini mampir.. Bekasi ga kekurangan fasilitas RS loh :) 

Yang mau saya review, RS Hermina Bekasi Barat yaa, kebetulan saya kontrol kandungan disini. Sempet nginep 3 hari dua malam juga hahaha. Meskipun beberapa kali ke RS Hermina Grand Wisata yang lebih deket sama rumah saya. Oiya, jadi mau review dikit tentang RS Hermina ini, ga detail-detail amat yak, soalnya kan belum sefasih yang udah pernah lahiran disini :)

Plus :
1. Dokter kandungan-nya ada banyak bangetnget. Dokter junior ada, senior ada. Sub spesialis kandungan juga ada, kayak sub spesialis fertilitas, urologi, sama fetomaternal kayak obgyn saya. Senin-Minggu pasti ada dokter kandungan yang stand by. Bisa dicek di webnya yaa..
2. Fasilitas lengkap. Lengkap dalam arti all in ya. Lab punya sendiri. Kantin ada. USG 4D bisa. Minta aja rujukan dari obgyn biasa ke sub spesialis fetomaternal kalo mau USG 4D. Berhubung obgyn saya adalah sub spesialis feto, jadilah saya ga usah dirujuk-rujuk lagi. Puas banget lah pake mode 4D dari 16w. Ada fasilitas senam hamil juga. 
3. Suster-suster yang ngurusin perawatan ibu dan bayi adalah bidan semua (hasil ngobrol ke suster) Jadi mereka care banget soal kehamilan. Waktu saya dirawat kemarin itu, bolak-balik terus dicek kandungan saya. Terus, kayaknya setiap suster udah dibekali mengenai ASI dan perawatan ibu. Saya yang kebetulan dirawat di sebelah ibu-ibu yang habis melahirkan, jadi bisa curi-curi info tentang ASI. Susternya sigap-sigap kalo dipanggil via bel. Dan yang senengnya, susternya kayak ibu peri semua, penuh senyum dan baik! Ada suster biasa juga, tapi di lantai berbeda, yang bukan ngurusin ibu dan bayi/anak.
4. Security-nya tegas. Jadi kalo jam jenguk udah abis, dia ngusir-ngusirin tamu yang masih berkunjung. Poin plus banget sih menurut saya, biar ibu yang abis melahirkan bisa istirahat.
5. Pro ASI, Pro Rooming-in. Jadi bener-bener loh, ibu yang baru melahirkan disemangatin buat kasih ASI ke bayi. Terus ada kursus singkat gitu pasca melahirkan tentang memandikan bayi. Seru nampaknya.
6. Bersih. Petugas kebersihannya bolak-balik nyapu plus ngepel plus bersihin sampah di kamar. 


Minus :
1. Mahal :( 
Kalo ga ada remburse dari kantor Mamas ataupun asuransi kayaknya mesti mikir-mikir mau kesini. Tarif dokter sekian, USG sekian, vitamin sekian. Kalo mau irit-irit ya nebus obatnya diluar ya meski selisih harganya juga ga jauh. Kemarin itu aja, sempet shock pas bayar RS, 4.5 juta untuk 3 hari 2 malam. Dapat salam dari kroket basi, hahahaha. *kapok* *mending duitnya buat traveling*
2. Kamarnya sempit. Itu aja saya masih di kamar kelas 2 yang pasiennya 3 orang. Gimana yang kelas 3 diisi 6 orang? Sempitnya kayak apa cobaa..Beneran beda banget sama RS sebelah yang kelas 2-nya masih lega dan nyaman untuk penjaga pasien. Ga ada stop kontak loh di setiap bilik pasien, stop kontak cuma ada satu di sebelah kamar mandi. Jadinya kemarin itu disiasatin bawa kabel rol biar bisa colok hp rame-rame. Repot kan? Apalagi kalo hp mendadak mati dan sendirian di kamar ga ada yang jagain. Mesti turun kasur deh buat charge hp :(
3. Kamar mandinya ga ada gantungan infus -_- Udah mana lah tiang infusannya ga bisa digeret-geret ke kamar mandi, jadi mesti akrobat lah kalo misal ke kamar mandi bawa infusan.
4. Makanannya sedikit. Rasanya standar. Dan dianter ke pasien agak telat. Jadi makan pagi itu biasa pukul 6.30 ; makan siang pukul 12.30 ; makan sore mendingan ni sekitar 17.30. Ini beda banget sama RS sebelah loh, makan pagi-nya lebih cepet, makan siang jam 11 kurang udah dianter plus makannya enak dan boleh milih. Di Hermina ga dikasih pilihan -_- 
5. Susternya jarang ngecek infus. Jadi mesti inisiatif sendiri pencet bel kalo infusan abis. Pernah jam 3 pagi, saya yang manggil susternya dong karena infusan saya udah bener-bener kosong. Beda banget sama RS sebelah yang susternya rutin ngecekin infus. 
6. IGD-nya mengecewakan. Pasien yang masuk ga langsung di visit sama dokter jaga. Bisa selang 45 menit lah. Coba bayangin lagi darurat tapi dicuekin. Suster IGD juga kebanyakan ngobrolnya dong, tapi pasien dibiarin. 
7. Harga makanan di kantin mahal! Better you go outside, percayalah, restoran plus jajanan di luar RS lebih enak. 

Untuk saat ini sih, saya masih akan tetap setia jadi pasien RS disini, dengan alasan obgyn saya praktek disini dengan banyak pilihan hari. Ga berani juga pindah-pindah obgyn. Sekian review dari saya, semoga bermanfaat yaaa..Saya mau ngilang dulu deh ini sekian minggu buat ngerjain laporan UTS. Wish me luck yaa :)

-Bubu Lilov-

Comments

  1. wooowwww...dirawat d rs, biaya nya lumayaaaaan bgt yaaah...#ngeriiii...
    semoga sehat2 trus, biar g ush nginep2an lg d rmh sakit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya vy..mahaaal..itu aja pas kemarin bayar rs shock sendiri.
      mending investasi buat sehat daripada bayar rs..hiksss..

      Delete
  2. RS sebelah tuh apa? Aku bacanya kok binun sendiri *garuk pala*
    AHh 3 hari 4,5 juta? kecilll....kaka dulu semalam 8 juta, tanpa tindakan apa-apa huahahah *yuk ah nangis sama2*
    Tapi bersyukur deh, wong ya masi dimampukan untuk bayar. Alhamdulillah *rapiin jilbab*

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba mau nanya juga RS sebelah itu maksudnya RS apa ya? kok malah jd penasaran pgn ke RS sebelah hahahaa

      Delete
    2. RS sebelah itu kayaknya Mitra Keluarga Bekasi, ya? Soalnya yg mbak bandingin itu udah pernah saya rasain semua. Bisa pilih2 makanan, makanan datengnya cepet, colokan ada di samping tempat tidur. Hihihi..

      Delete
    3. Saya sudah cobain kelas 3 sampai icu nya hermina dan mitra. Makanan banyakan hermina deh, yg vip tapi, bpjs yg cost sharing juga nyaman. Hermina jeleknya kamar mandinya :)

      Delete
  3. Ini rs emang hits banget yah dulu sempet pengen di rs ini tapi karena harganya lumayan jadi nyari yang lebih terjangkau deh.

    ReplyDelete
  4. klo boleh tau dokter obgyn yg bagus n recomended siapa yah? di hermina bekasi barat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba diah..soal obgyn cocok-cocokan yaa..obgyn saya dokter Yuditiya Purwosunu highly reccomended..pro normal..pro asi..detail periksanya :)

      Delete
    2. Kayaknya yg dimaksud RS sebelah itu RS Mitra Keluarga Bekasi Barat ya mom..hehe..saya sempet galau bgt dulu pas mau lahiran. Selama hamil sampai 9 bulan saya kontrol di Hermina dgn dr. Marly. Tapi pas cek ricek dari mulai luas Kamar, sisi kebersihan, kok lebih sreg di RSMK Bekasi Barat.. jadi akhirnya saya melahirkan di RSMKB..(Sbelumnya saya pernah op di RS Mitra). Saya d kelas 2 tapi lumayan luas. Comfort bgt mom di RSMK dan kamar mandinya bersih bgt. Makanan enak2..hehe..semoga membantu yg lg galau..

      Delete
  5. Maaf klo saya agak kecewa dengan RS Hermina Bekasi Barat pada saat istri saya suspect Mola Hidatidosa dengan BPJS. Mereka harus berkonsultasi dengan pihak manajemen 1 - 2 minggu baru bisa ada keputusan. Empat hari kemudian kami dihubungi bahwa mereka akan merujuk ke RS Persahabatan dengan alasan peralatan di Hermina Bekasi kurang lengkap (benarkah begitu?). Sebenarnya setelah kami menerima keputusan bahwa mereka harus berdiskusi dengan manajemen, kami langsung mengambil keputusan ke RS Mitra Bekasi Barat untuk diambil tindakan, tentunya dengan biaya sendiri. Saya berharap RS Hermina dapat lebih meningkatkan pelayanan terbaiknya terhadap pasien BPJS.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin pak..smg ada peningkatan..pelayanan yaa untuk selanjutnya

      Delete
  6. Aku agak bertentangan sedikit nih sama yang punya blog gak apa2 ya ehehehe... Aku dari lahiran anak pertama, sampai mau melahirkan lagi anak kedua dan ke tiga (kebetulan kembar) banyak setujunya sih sama yanh soal plus dan minusnya. Tapi kayaknya worth it deh sama apa yang di dapetin *semisal dokternya memang kompeten semua apalagi suster2nya super duper ramah senyum dan sigap. And anyway, aku melahirkan pakai asuransi pemerintah loh a.k.a bpjs. (Di benak sempet terbesit bakal ada perbedaan pelayanan) taunya enggak sama rata semua ga ada perlakuan yg beda. Ya walaupun tiap kontrol aku pake biaya sendiri (karna agak ribet kalo pake bpjs) dan kebetulan gak bisa lama2 juga karna si kakaknya yg baru usia 18bln.

    Kalau tadi ada yg bertanya dokter obgyn apa sih yg bagus. "I said semuanya bagus kok bund, kebetulan aku pake dokter obgyn dr.dedi arman saibi (dokter ini selalu antri panjang, makanya aku selalu booking via tlp sebelum kontrol)

    Lalu dokter anakya doker wirastari ( ini idolanya para orang tua, sama antrinya. Dokternya rad bawel dan galak tapi percayalah dokter ini selalu ngasih yg terbaik soal anak)

    Salam kenal buk ibuk semuanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba indah salam kenal ya..terimakasih sudah mampir..

      Iya betul mba..suster-susternya sigap untuk melayani ibu yang habis melahirkan..kebetulan waktu itu saya masih hamil,jadi dibedakan perlakuannya dengan yang habis melahirkan :)

      Ok mba indah..terimakasih atas info soal obgyn dan dokter anaknya yaa..smg yang lain dpt terbantu :)

      Delete
    2. Hallo mba Indah, salam kenal. Bisa minta alamat email atau wa? mau tanya2 detail. Kebetulan aku sejak hamil anak pertama (masih 18 bulan) ditangani Dr.Dedi Arman dan rencana anak ke dua ini mau sc pake bpjs, yang pertama sc reimburst kantor. Aku udah tanya prosedurnya di RS tapi pingin sharing langsung, secara sc kedua koq kayanya lebih nakutin ya hehe. Dari pengalaman melahirkan anak pertama ngerasa udah nyaman disana jadi pinginnya ke sana lagi

      Delete
  7. thanks infonya bun..semoga bermanfaat untuk yang lain :)

    ReplyDelete
  8. Hay bunda2.. salam kenal yah..
    Mau tanya donk ad yg pernah lahiran sc sm dokter susi susilawati hermina galaxy gak.. bagi2 pengalaman ny donk krna aku lg pilih doktr untk sc yg ke 2.. jarak dgn yg prtama 21 bln..
    Mohon info nya yah bunda2.. makasih..

    ReplyDelete
  9. Menurut bunda ke Dr Triskawati atau Yuditia ?

    ReplyDelete
  10. hallo bun, kalau boleh tau brpa biaya melahirkan di RS Mitra Keluarga Bekasi Barat kemarin? kebetulan skrg lagi nyari RS yang harganya terjangkau tetapi pelayanan memuaskan hehehe

    ReplyDelete
  11. halo mba salam kenal, mau tanya dong.. kalo untuk cek kehamilan di dr yudit walaupun bukan kehamilan beresiko tinggi bisa kan ? hehe maksudny bisa ufk umum. maklum newbie hehe terimakasih

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Testpack : (finally) Dua garis

Assalamualaikum. #latepost Jadwal haid saya emang ga teratur, kadang mundur, kadang maju. Tapi untuk belakangan ini jadwal haid saya selalu maju. Saya juga pelupa banget, sampe akhirnya donlod aplikasi kalender pengingat jadwal haid. Jadwal haid saya bulan lalu di tanggal 10 Februari, estimasi tanggal haid saya di bulan Maret ini seharusnya sekitar tanggal 8/9 Maret.  Saya iseng testpack tanggal 8 Maret 2013, tapi hasil testpack negatif. Ya saya langsung buang lah. Saya cerita sama suami saya. Eh dia bilangnya gini "setiap kali km testpack, kok aku ga pernah ditunjukkin hasilnya ya". Lah ternyata si pak suami mau tau toh, haha. Baiklah besok-besok akan saya tunjukkin. Tanggal 11 Maret 2013 malam, saya belum haid juga. Payud*ra sih udah ngilu-ngilu, perut juga udah kram banget. Saya udah ngira kalo saya akan haid segera. Tapi pas pulang kuliah malem, saya minta anter ke K-24 dulu buat beli testpack. Saya beli dua testpack, yang murah dan yang lebih mahal biar ga s

Infus Zat Besi : Katanya sih ga sakit

Assalamualaikum Waktu usia kehamilan 9w4d di tanggal 1 Desember, saya kontrol ke dokter Yudit kan ya. Nah, di sesi konsultasi, dokter Yudit minta saya untuk segera infus zat besi karena hasil lab ferritin saya ga optimal. Ferritin? Penyerapan zat besi. Di orang normal angkanya 90, di saya cuma 49. Jadilah, saya berencana infus di akhir minggu. Menurut dokter Yudit, infus zat besi ini ga bakal lama, paling cuma sejam dua jam, jadi ga bakal nginep di RS. Okelah kalo begitu.  #throwback  7 Desember 2014 Hari ini udah rencana banget mau ke RS Hermina Grand Wisata yang deket rumah untuk infus zat besi. Kata dokter Yudit, infus zat besi ga harus di Hermina Bekasi, boleh dimana aja. Toh dokter Yudit udah ngasih keterangan di buku periksa saya. Jadi, rencana awal, sore-sore bakal ke Hermina deket rumah lah. Sepagiannya, saya masih sibuk ngerjain paper UTS karena harus dikumpul besok. Terus siang-siang udah jadi separo lah draftnya, terus karena kecapean plus pusing, itu dra