Skip to main content

Third pregnancy : 22w5d

 Assalamualaikum.


Haloo, ga tau mau cerita darimana haha. Mungkin akan mundur ya alur ceritanya ya. Simple short story, saya lagi hamil ketiga, inshaa allah anak kedua, karena hamil pertama keguguran, hamil kedua, Arsena. 

Alhamdulillah hamil saat ini udah masuk 22w menuju 23w. Obgynku tentu saja dokter Yuditiya Purwosunu ya gengs. Ga mau coba-coba ke obgyn lain haha. Hamil kali ini cukup berat, mabok parah banget sampe 18w, maboknya lebih-lebih dari hamil Arsena, bener-bener susah makan, gampang banget ketrigger sama bau makanan, ga kuat bau daging sama sekali. Selama mabok kemarin cuma bisa makan yang ada pedesnya, makan ikan, kalo engga ya ga makan. Bener-bener bedrest selama hamil. 

Hamil yang ini juga subhanallah rasanya ya, dari sisi emosional, awalnya sempet down banget pas tau hamil karena Arsena masih terapi, Arsena ADHD btw, boleh mampir ke IG saya misal mau baca ceritanya yaa. Terus sempet ngerasa bersalah juga kenapa hamil kenapa begini kenapa begitu. Tapi alhamdulillah Arsena baik banget nyemangatin saya terus sampai akhirnya saya bisa nerima kehamilan saya dan legowo sekarang.

Hamil kali ini juga saya lebih dipantau oleh dokter Yudit karena anak pertama saya ADHD. Saya diminta untuk diet gula, stop makanan UPF - kemasan, dan saya harus disuntik pengencer darah setiap pagi. Yang nyuntik tentu saja bapak suami tercinta wkwk. Rasanya ga usah ditanya. Perih banget. 4 bulan pertama, perut saya biru-biru dimana-mana. Pas kontrol bulan lalu, hamdallah dosis pengencer darah saya diturunkan jadi dua hari sekali. 

Kenapa disuntik pengencer darah? Kalo dokter Yudit bilangnya untuk ngurangin mual muntah dan bikin saya bisa aktivitas lagi. Terus katanya ngurangin alergi ke bayinya. Kalo yang dari saya tangkap, biar asupan ke janin maksimal juga. Sama kayaknya ngurangin potensi ADHD.

Alhamdulillah, kemarin kami kontrol ke sekian kali untuk ngecek dedek. I call him dedek, maaf ya nak, mami ga bikin panggilan-panggilan lucu haha. Kami sengaja periksa hari Minggu soalnya hari biasa cukup riweuh, abangnya sekolah, abangnya terapi, bapaknya pulang malem lah. Wassalam ga bisa. Hampir setiap hari Minggu dokter Yudit praktek di RS Hermina Bekasi pukul 08.00. Sistem antriannya masih tetap sama kayak dulu, siapa tau ada yang mau periksa ke beliau yaaa :

1. Simpan buku di meja pendaftaran (biasa ditumpuk dengan pasien dokter Yudit yang lain)

2. Tunggu loket pendaftaran buka, lalu nanti dipanggil

3. Lanjut ke suster untuk timbang dan tensi

4. Dapat no antrian, menunggu untuk dipanggil ke ruangan dokter


Kami biasa berangkat dari rumah sekitar 6.20/6.30. Kebetulan kemarin kami menginap di rumah eninnya Arsena, jadi lebih dekat. Kami sampai Hermina sekitar pukul 06.45. Saya turun duluan. Papi dan Arsena menyusul setelahnya. Kemarin kami bekal Bacang dan Nasi Uduk agar tidak kelaparan di rumah sakit. Soalnya, kantin RS suka belum ada makanan apabila terlalu pagi. Pukul 07.30, loket pendaftaran mulai dibuka, pasien mulai dipanggil. Lalu saya timbang tensi.

Tensi saya 88/57. Berat saya 59,9. Astagfirullah. Hamil setelah 4 bulan ini saya doyan makan banget. Kayaknya semua makanan jadi daging coba. Jadi seminggu ini saya mulai diet, mulai ngurangin nasi dan makan gula. Saya cuma banyak makan buah, sayur dan protein. Setelah menunggu hampir sejam, akhirnya antrian saya dipanggil juga. Arsena sudah rewel tentu saja. Sudah main buku stiker, sudah makan berat, sudah ngemil snack (favorit dia adalah snack di poli eksekutif haha), dan terakhir tentu saja nonton yutub. Pas antrian saya dipanggil, dia nyautnya cepet banget

"Ibu Putri.."

"Iya ada Ibu Putri" kenceng banget haha. Sampe diliatin semua pasien. 

Kami masuk ke ruangan dokter Yudit. Dokter Yudit senyum seperti biasa. Oiya dokter Yudit ni jarang pakai masker full, entah apa dia doppingnya ya haha. Saya tiduran di kursi periksa, terus mulai-mulai cek dedek. Dedek super gemess, kata dokter Yudit mukanya dedek agak beda, lebih chubby dari abangnya. Kayaknya mirip si papi lagi ini ampuuun. Terus pas saya tanya beratnya, ternyata beratnya 580gram.

"Normal dok?"

"5% di atas normal sih ini. Tapi bisa lah kita lahiran normal"

"Dok, kalo malem laper harus makan apa sih? Buah boleh?"

"Boleh. Yang penting jangan makan gula. Bikin indomi aja Put ga ada gulanya"

"Ahh yang bener dokterr.."

"Beneran"


Hamdallah dedek sehat lengkap, baik semuanya. Terus saya tanya ke dokter Yudit soal suntik menyuntik, hamdallah ga usah dilanjutin lagi, disuruh abisin aja obat yang kemarin, ke depannya ga usah suntik lagi. Terus dosis kalsium juga diturunin, ga usah sehari 3x, sehari 2x saja, hamdallah. Terus saya bilang, saya cuma mau lahiran sama dokter Yudit, ga mau sama yang lain, dia mengiyakan alhamdulillah. Terus dokter Yudit tuh baik banget sama Arsena, Arsena tanya apa aja suka dia jawab, Arsena gambar-gambar di kertas dia juga dikasih aja, dipanggilnya Mas juga sama dokternya, senangnyaaa..


Sehat terus ya dedek, grow stronger and bigger. We love you dedek.

Mami, Papi, Bang Sena <3 

Comments

Popular posts from this blog

Testpack : (finally) Dua garis

Assalamualaikum. #latepost Jadwal haid saya emang ga teratur, kadang mundur, kadang maju. Tapi untuk belakangan ini jadwal haid saya selalu maju. Saya juga pelupa banget, sampe akhirnya donlod aplikasi kalender pengingat jadwal haid. Jadwal haid saya bulan lalu di tanggal 10 Februari, estimasi tanggal haid saya di bulan Maret ini seharusnya sekitar tanggal 8/9 Maret.  Saya iseng testpack tanggal 8 Maret 2013, tapi hasil testpack negatif. Ya saya langsung buang lah. Saya cerita sama suami saya. Eh dia bilangnya gini "setiap kali km testpack, kok aku ga pernah ditunjukkin hasilnya ya". Lah ternyata si pak suami mau tau toh, haha. Baiklah besok-besok akan saya tunjukkin. Tanggal 11 Maret 2013 malam, saya belum haid juga. Payud*ra sih udah ngilu-ngilu, perut juga udah kram banget. Saya udah ngira kalo saya akan haid segera. Tapi pas pulang kuliah malem, saya minta anter ke K-24 dulu buat beli testpack. Saya beli dua testpack, yang murah dan yang lebih mahal biar ga s

Review : RS Hermina Bekasi Barat

Assalamualaikum Kalo yang orang Bekasi, pasti top-mind RS buat melahirkan dan periksa kandungan ya pasti RS Hermina. Soalnya dokter-dokter kandungan di RS ini banyak pilihan, dari dokter junior sampe dokter senior. RS Hermina ini juga punya 3 cabang di Bekasi. RS Hermina Bekasi, adanya di Bekasi Barat . Ini RS Hermina yang terlama di Bekasi. Yang kedua, RS Hermina Grand Wisata, yang lebih deket sama tol Bekasi Timur atau Tol Tambun. Yang terakhir, RS Hermina Galaxy, yang menjangkau selatan-nya Bekasi. Keren kan? Yang suka nge-bully Bekasi, sini mampir.. Bekasi ga kekurangan fasilitas RS loh :)  Yang mau saya review, RS Hermina Bekasi Barat yaa, kebetulan saya kontrol kandungan disini. Sempet nginep 3 hari dua malam juga hahaha. Meskipun beberapa kali ke RS Hermina Grand Wisata yang lebih deket sama rumah saya. Oiya, jadi mau review dikit tentang RS Hermina ini, ga detail-detail amat yak, soalnya kan belum sefasih yang udah pernah lahiran disini :) Plus : 1. Dokter kandun

Infus Zat Besi : Katanya sih ga sakit

Assalamualaikum Waktu usia kehamilan 9w4d di tanggal 1 Desember, saya kontrol ke dokter Yudit kan ya. Nah, di sesi konsultasi, dokter Yudit minta saya untuk segera infus zat besi karena hasil lab ferritin saya ga optimal. Ferritin? Penyerapan zat besi. Di orang normal angkanya 90, di saya cuma 49. Jadilah, saya berencana infus di akhir minggu. Menurut dokter Yudit, infus zat besi ini ga bakal lama, paling cuma sejam dua jam, jadi ga bakal nginep di RS. Okelah kalo begitu.  #throwback  7 Desember 2014 Hari ini udah rencana banget mau ke RS Hermina Grand Wisata yang deket rumah untuk infus zat besi. Kata dokter Yudit, infus zat besi ga harus di Hermina Bekasi, boleh dimana aja. Toh dokter Yudit udah ngasih keterangan di buku periksa saya. Jadi, rencana awal, sore-sore bakal ke Hermina deket rumah lah. Sepagiannya, saya masih sibuk ngerjain paper UTS karena harus dikumpul besok. Terus siang-siang udah jadi separo lah draftnya, terus karena kecapean plus pusing, itu dra