Skip to main content

Belajar Menyetir Mobil Matic

Assalamualaikum.

Haai semuanyaaa.. Maafkan ga pernah update dimana-mana karena lelah urus bocah 😂. Kalo ada waktu senggang, saya lebih milih tidur atau selonjoran dibanding liat2 IG atau nulis. Kangeen sih sesungguhnyaa.

Jadi jadi apa yang mau dibagi sekarang?
Ceritanya kami (akhirnya) memutuskan untuk beli mobil (second) setelah mikir selama setengah tahun. Lama ya. Iya lama bangeet karena mikirin duitnya cukup apa engga buat bayar cicilan. Wkwk. Pengen bikin post terpisah soal ini sejujurnya.

Selama sebulan itu kami cari-cari mobil. Saya request mobil matic biar gampang belajarnya. Singkat kata, akhirnya itu mobil kebeli. Pulang dari showroom, suami yang nyetir. Terus dia bingung juga gimana cara nyetirnya karena ga pernah pake matic.

Setelah mobil ada di rumah, saya terus stres sendiri. Kepikiran siang malem. Ada mobil tapi saya ga bisa nyetir. Ada sim tapi ga bisa nyetir (sim nembak tentu sajaaa). Sampe saya mimpi ga enak tiap hari karena kepikiran haha. Emang rada freak sesungguhnya. Beli mobil dulu baru mau belajar. Iyaa, saya maunya gitu. Punya dulu. Biar enak belajarnya kan. Karena kecemasan saya ga kunjung reda, saya pun curhat ke bapak suami. 

Hari Pertama
Hari Kamis siang dia pulang pas istirahat, saya langsung todong untuk belajar mobil. Pas banget Arsena tidur. Kami colong-colong waktu aja keluar rumah ninggalin anak tidur. Kamu belajar di halaman cluster, persis depan gerbang cluster karena agak luas.

Pelajaran pertama dari bapak suami adalah soal tombol-tombol yang ada di mobil.
P : Parkir
N : Netral
R : Mundur
D4 : Jalan Maju
Rem
Gas
Rem Tangan

Setelah itu, bapak suami mengajari saya soal maju dan mundur. Misal mau jalan maju, yang harus dilakukan adalah menginjak rem, menurunkan tuas rem tangan, memindahkan persneling dari P ke D4. Lalu lepas rem pelan-pelan, mobil akan berjalan sendiri tanpa digas. Emejing. 

Pelajaran selanjutnya adalah belajar memundurkan mobil.  Mirip dengan maju. Yang harus dilakukan adalah menginjak rem, menurunkan tuas rem tangan, memindahkan persneling dari P ke R. Lalu lepas rem pelan-pelan, mobil akan berjalan mundur tanpa menekan gas. Setelah latian 15 menit, saya minta udahan. Eh bener aja, pas sampe rumah, Arsena udah nangis-nangis di jendela cariin mami 😂 maapin yaa nak.

Hari Kedua
Selang dua hari kemudian, hari Sabtu, suami memaksa saya untuk latihan nyetir mobil lagi. Kami antar Arsena ke sekolah, lalu kami menuju komplek Tasbih Medan. Kalo di Bekasi mah, Tasbih ini macem Kemang Pratama. Areanya luas. Cocok untuk belajar menyetir mobil matic.

Pelajaran selanjutnya dari bapak suami adalah mengenai setir. Belajar belok dan putar balik. Saya diminta untuk putar balik berkali-kali. Bedanya belok dan puter balik? Misal belok, setir mobil hanya diputar sedikit. Misal putar balik, setir mobil harus diputar sampai habis. Kesamaannya? Posisi setir mobil harus diubah kembali ke asalnya setelah belok atau puter balik. Its so haaaarrrrdddd. Saya kemarin itu hampir mepet ke sungai gegara pas putar balik lupa balikin setir 😂.

Setelah itu, bapak suami challenge saya untuk masuk jalan raya. Jalan ringroad Medan. Jalan lintas provinsi. Ebuset kejam bener ini instruktur nyetir mobil. Mentang-mentang gratisan zzz. Akhirnya saya nyetir di jalan raya, deg-degan paraah. Pake puter balik pula. Eh lanjut dichallenge suruh nyetir sampe sekolah bocah. Pengen nangisss. Ndilalah pas hari itu belajar, pas lampu merah lagi mati. Jadi pas perempatan, jalannya rebutan parah sama yang lain. Hamdallah akhirnya sampe sekolah bocah dengan selamat.

Yang pak suami ajarin ke saya,
Tenang. Tenang. Tenang.
Mau diklakson, mau diduluin, tenang aja. Kalo mereka buru-buru, mereka akan nyalip kita sendiri. Ga usah kebawa. Yang penting tenang dan fokus aja nyetirnya.

Hari ketiga 
Pak suami request ke saya untuk anter dia ke kantor karena ada data yang harus dia ambil. Sekitar 12 km dari rumah kami. Itu saya nyetir sambil kepengen muntah. Tangan kaki keringet dingin. Pas banget sampe kantor mau nabrak pager kantor gegara saya ga balikkin setir (lagi).  Pas pulang dari kantor, saya tobat-tobat ga mau nyetir lagi karena capeek haha.

Sorenya, saya minta simulasi ke pak suami untuk nyetir dari rumah ke sekolah. Sekolah ke rumah. Setelah dirasa cukup, akhirnya kami pulang. Sambil saya ngafalin ini itu.

Hari Perdana Nyetir Sendiri
Senin, 3 Desember 2018
Setelah mengumpulkan niat, akhirnya saya berani-beraniin untuk nyetir mobil anter bocah sekolah. Drama pertama, saya kesusahan turunin rem tangan. Udah mana bocah minta buru-buru jalan. Paniiikk. Akhirnya bisa juga turunin rem tangan pakai dua tangan.

Hamdallah lancar nyetir ke depan. Eh pas banget dong depan komplek ada galian gorong-gorong. Bikin pengen nangissssss.

Abis anter bocah sekolah, saya puter balik depan sekolah, dag dig dug duer karna masih ga ngerti arah kanan kiri setir 🤣. Saya pulang, lancar hamdallah. Eh dapet cobaan berikutnya di depan rumah. Semua tetangga mau keluar di waktu yang sama! Saya cuma diem di dalem mobil. Sambil nungguin siapa yang mau ngalah. Hamdallah akhirnya pada mau gantian.

Drama selanjutnya adalah soal parkir masuk garasi. Suami saya lupa belom ngajariin cobak. Ga mungkin pula mobil ditaro depan rumah karena jalan cluster sempit. Coba tebak akhirnya gimana? Akhirnya saya telp suami dengan memberi tau posisi saya gimana. Dia jadi tukang parkir jarak jauh dan suksesss hamdallah. Pas udah jemput bocah siangnya, parkir relatif lebih lancaar.

Besokannya, depan cluster saya ga bisa dilewatin. Bisa sih tapi harus ngebutt karena gorong-gorong lagi diperbaiki dan diatasnya cuma ada tripleks. Rentan slip kalo baru bisa nyetir. Akhirnya hari itu saya dan Arsena naik bentorrr. Lumayan lah ga stres nyetir 🙈😂. Hati agak rehat sejenak.


Setelah belajar menyetir mobil matic, saya jadi belajar, bahwa yang membuat kita cepat bisa adalah kemauan. Dan keterpaksaan wkwk. Dulu, saya kursus menyetir tapi tetep ga bisa. Ga kepaksa soalnya. Santai aja karena ada papah yang bisa anter kemana-mana.

Pas sekarang di rantau, saya ga bisa bergantung sama orang lain. Apa-apa harus mandiri. Jadi kepikirnya, semakin cepat bisa nyetir, semakin cepat saya memudahkan diri sendiri. 

Titip doain biar saya makin lancar nyetirnya ya mentemen. Semangat untuk semua ibu-ibu yang lagi mengumpulkan keberanian untuk menyetir mobil. You can do it! Jangan dipikirin, dikerjain aja buuu.

Makasih bapak suami yang sudah memaksa saya untuk bisa nyetir dalam waktu singkat. Sungguh loh sebeel sama kamyuu karna ga ada toleransi haha. Tapi emang istrinya mesti dipaksa kek gini jadi bisa yaa.

Tau ga sih, saya sampe telfon papa mama kakak pas saya akhirnya bisa nyetir. Mereka bangga hahha. Soalnya mereka tau kalo saya itu anaknya parnoan 😂😂. Bisa naik motor pas usia 22. Paling cemen di rumah. Eh ini tetiba bisa nyetir. Pecah telor anak perempuannya ada yang bisa nyetir!

Padahal di saya, resolusi bisa nyetir baru mau ditulis untuk tahun depan. Eh kesampean akhir tahun ini. Hamdallah!!

Ps : kalo mau cepet bisa, belajar matic jadi solusi buibuu.





See you next post

Wassalamualaikum

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Testpack : (finally) Dua garis

Assalamualaikum. #latepost Jadwal haid saya emang ga teratur, kadang mundur, kadang maju. Tapi untuk belakangan ini jadwal haid saya selalu maju. Saya juga pelupa banget, sampe akhirnya donlod aplikasi kalender pengingat jadwal haid. Jadwal haid saya bulan lalu di tanggal 10 Februari, estimasi tanggal haid saya di bulan Maret ini seharusnya sekitar tanggal 8/9 Maret.  Saya iseng testpack tanggal 8 Maret 2013, tapi hasil testpack negatif. Ya saya langsung buang lah. Saya cerita sama suami saya. Eh dia bilangnya gini "setiap kali km testpack, kok aku ga pernah ditunjukkin hasilnya ya". Lah ternyata si pak suami mau tau toh, haha. Baiklah besok-besok akan saya tunjukkin. Tanggal 11 Maret 2013 malam, saya belum haid juga. Payud*ra sih udah ngilu-ngilu, perut juga udah kram banget. Saya udah ngira kalo saya akan haid segera. Tapi pas pulang kuliah malem, saya minta anter ke K-24 dulu buat beli testpack. Saya beli dua testpack, yang murah dan yang lebih mahal biar ga s

Review : RS Hermina Bekasi Barat

Assalamualaikum Kalo yang orang Bekasi, pasti top-mind RS buat melahirkan dan periksa kandungan ya pasti RS Hermina. Soalnya dokter-dokter kandungan di RS ini banyak pilihan, dari dokter junior sampe dokter senior. RS Hermina ini juga punya 3 cabang di Bekasi. RS Hermina Bekasi, adanya di Bekasi Barat . Ini RS Hermina yang terlama di Bekasi. Yang kedua, RS Hermina Grand Wisata, yang lebih deket sama tol Bekasi Timur atau Tol Tambun. Yang terakhir, RS Hermina Galaxy, yang menjangkau selatan-nya Bekasi. Keren kan? Yang suka nge-bully Bekasi, sini mampir.. Bekasi ga kekurangan fasilitas RS loh :)  Yang mau saya review, RS Hermina Bekasi Barat yaa, kebetulan saya kontrol kandungan disini. Sempet nginep 3 hari dua malam juga hahaha. Meskipun beberapa kali ke RS Hermina Grand Wisata yang lebih deket sama rumah saya. Oiya, jadi mau review dikit tentang RS Hermina ini, ga detail-detail amat yak, soalnya kan belum sefasih yang udah pernah lahiran disini :) Plus : 1. Dokter kandun

Infus Zat Besi : Katanya sih ga sakit

Assalamualaikum Waktu usia kehamilan 9w4d di tanggal 1 Desember, saya kontrol ke dokter Yudit kan ya. Nah, di sesi konsultasi, dokter Yudit minta saya untuk segera infus zat besi karena hasil lab ferritin saya ga optimal. Ferritin? Penyerapan zat besi. Di orang normal angkanya 90, di saya cuma 49. Jadilah, saya berencana infus di akhir minggu. Menurut dokter Yudit, infus zat besi ini ga bakal lama, paling cuma sejam dua jam, jadi ga bakal nginep di RS. Okelah kalo begitu.  #throwback  7 Desember 2014 Hari ini udah rencana banget mau ke RS Hermina Grand Wisata yang deket rumah untuk infus zat besi. Kata dokter Yudit, infus zat besi ga harus di Hermina Bekasi, boleh dimana aja. Toh dokter Yudit udah ngasih keterangan di buku periksa saya. Jadi, rencana awal, sore-sore bakal ke Hermina deket rumah lah. Sepagiannya, saya masih sibuk ngerjain paper UTS karena harus dikumpul besok. Terus siang-siang udah jadi separo lah draftnya, terus karena kecapean plus pusing, itu dra