Skip to main content

Peralatan MPASI (yang terpakai)

Assalamualaikum.

Haihaaaai..udah lama banget ga nulis blog..since saya cuti kuliah (lagi), saya ngurus Arsena full time. Jangankan buat nulis blog, buat makan n mandi aja susah, hiks. Jadi ibu rumah tangga tanpa pembantu membutuhkan kesabaran dan tenaga yang luar biasa *sungkem sama ibu-ibu semua*. Tiap hari mau nangis karena capek. Liat anak ga mau makan, makin nangis. Atau sembur-sembur. Terus anaknya ketawa. Terus ibunya makin kesel. HAHA. Beli stok sabar dimanaaa? Tapi semua itu terbayar ketika si anak mau makan.

Sebelum MPASI, sama seperti ibu-ibu lain, saya fokus ke peralatan MPASI yang kayaknya lucu semua buat dibeli. Haha. Alhamdulillah pas kemarin mau MPASI pas lagi ga megang uang, jadi belanjanya dapat dikontrol :D Pada akhirnya, setelah jalan MPASI sebulan lebih, peralatan MPASI yang kepake eh ternyata cuma itu-itu aja. Apa aja?

1. Blender Philips
Alhamdulillah wa syukurilah blender dapet kado pas ulang tahun (wkwk bukan pas nikahan ya). Saya selalu blender makanannya Arsena pake blender (mamak-mamak kaga idealis kaga sempet saring-saring pake saringan). Blendernya pun pake tempat yang kecil itu (tempat bumbu). Blender kepake banget dari awal mpasi, dari cuma bikin puree sayur/buah sampe sekarang udah makan campur-campur.

2. Set makan pigeon
Ini dapet kado dari enin-nya Arsena. Awal-awal mpasi kepake banget sih karena cuma punya piring dan mangkok pigeon.

3. Sendok munchkin
Sendok ini saya beli waktu harbolnas dengan harga 10 ribu rupiah. Soalnya manfaatin voucher hihi. Idola banget deh ini sendok, warna-warni menarik, enak pula digenggam. Kalo nyuapin, saya pasti kasih sendok ke Arsena buat dia mainan haha.

4. Spout tommee tippee first sips (4+)
Spout ini juga dibeli pake voucher bilna. Jadi cuma bayar separo harga. Spoutnya agak keras, agak susah nyedotnya. Karena anti spill, ga gampang tumpah deh airnya meski dibolak-balik sana sini. Ngelatih anak untuk belajar nyedot juga. 

5. Mangkok-mangkok sassy
Mangkoknya ada 4 buah. Besarnya beda-beda. Beli ini juga gara-gara dapet voucher bilna. Jadi cuma bayar ongkir. Rezeki mamak-mamak punya anak deh haha.

6. Wadah-wadah plastik
Saya pakai tupperware dan sebagian beli wadah di pasar. Saya pakai untuk simpen makanan yang abis di blender. Saya masak sekali, terus siang dan sore tinggal angetin di magic jar.

7. Panci kukusan/Dandang
Saya beli di pasar dengan harga 35 ribu saja. Kukusan ini kepake banget-banget karena rata-rata makananan Arsena dikukus, bukan direbus.

8. Parutan
Kalo lagi males blender, saya suka marut buah pake parutan keju.

9. Bibs/Celemek
Saya beli bibs campur-campur, ada yang di baby shop, ada yang di bilna. Semua berujung di pojokan lemari karena anaknya ga suka dipakein bibs.

10. Baby bather
Baby bather? Ga salah nulis? Engga! Jadi, saya belum punya high chair kan ya..terus saya nyuapin Arsena di bouncer, eh terus anaknya ga mau kan ya *cry*, terus saya liat-liat peralatan di rumah, eh ada baby bather ini, ga taunya anaknya anteng kalo makan di baby bather. Padahal kalo dimandiin pake baby bather selalu kayak belut. Hahaha. Ajaib.

11. Slow cooker
Alhamdulillah dikadoin slow cooker merk Looney Tunes sama ibu-ibu kece *kiss* SC ini berguna untuk bikin bubur nasi..cemplung-cemplung bahan tau-tau jadi..kadang saya pake juga buat rebus ubi atau labu parang..colok malem..pagi tinggal angkat..hehe..

Dear ibu-ibu, percayalah, mpasi ga perlu peralatan mahal-mahal. Bisa pake dulu yang ada di rumah. Jangan terpaku sama alat-alat mpasi ya ibu-ibu, tapi coba cari ilmu tentang panduan menu mpasi dan gizinya, it is more more important daripada alat mpasi yang lucu-lucu..

Selamat MPASI, selamat memasak dengan penuh cinta!

cekcek MPASI-nya Arsena di ig saya yaa @putriphita atau #mpasiarsena :)

Wassalamualaikum



Comments

  1. Peralatan yang kepake sama neng, untung ga khilaf beli macem2 yg lucu ternyata yang kepake itu aja. Kevia kalo dipakein bibs malah di tarik-tarik untung ga jadi beli bibs kece ga kepake hahaha.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Testpack : (finally) Dua garis

Assalamualaikum. #latepost Jadwal haid saya emang ga teratur, kadang mundur, kadang maju. Tapi untuk belakangan ini jadwal haid saya selalu maju. Saya juga pelupa banget, sampe akhirnya donlod aplikasi kalender pengingat jadwal haid. Jadwal haid saya bulan lalu di tanggal 10 Februari, estimasi tanggal haid saya di bulan Maret ini seharusnya sekitar tanggal 8/9 Maret.  Saya iseng testpack tanggal 8 Maret 2013, tapi hasil testpack negatif. Ya saya langsung buang lah. Saya cerita sama suami saya. Eh dia bilangnya gini "setiap kali km testpack, kok aku ga pernah ditunjukkin hasilnya ya". Lah ternyata si pak suami mau tau toh, haha. Baiklah besok-besok akan saya tunjukkin. Tanggal 11 Maret 2013 malam, saya belum haid juga. Payud*ra sih udah ngilu-ngilu, perut juga udah kram banget. Saya udah ngira kalo saya akan haid segera. Tapi pas pulang kuliah malem, saya minta anter ke K-24 dulu buat beli testpack. Saya beli dua testpack, yang murah dan yang lebih mahal biar ga s

Review : RS Hermina Bekasi Barat

Assalamualaikum Kalo yang orang Bekasi, pasti top-mind RS buat melahirkan dan periksa kandungan ya pasti RS Hermina. Soalnya dokter-dokter kandungan di RS ini banyak pilihan, dari dokter junior sampe dokter senior. RS Hermina ini juga punya 3 cabang di Bekasi. RS Hermina Bekasi, adanya di Bekasi Barat . Ini RS Hermina yang terlama di Bekasi. Yang kedua, RS Hermina Grand Wisata, yang lebih deket sama tol Bekasi Timur atau Tol Tambun. Yang terakhir, RS Hermina Galaxy, yang menjangkau selatan-nya Bekasi. Keren kan? Yang suka nge-bully Bekasi, sini mampir.. Bekasi ga kekurangan fasilitas RS loh :)  Yang mau saya review, RS Hermina Bekasi Barat yaa, kebetulan saya kontrol kandungan disini. Sempet nginep 3 hari dua malam juga hahaha. Meskipun beberapa kali ke RS Hermina Grand Wisata yang lebih deket sama rumah saya. Oiya, jadi mau review dikit tentang RS Hermina ini, ga detail-detail amat yak, soalnya kan belum sefasih yang udah pernah lahiran disini :) Plus : 1. Dokter kandun

Infus Zat Besi : Katanya sih ga sakit

Assalamualaikum Waktu usia kehamilan 9w4d di tanggal 1 Desember, saya kontrol ke dokter Yudit kan ya. Nah, di sesi konsultasi, dokter Yudit minta saya untuk segera infus zat besi karena hasil lab ferritin saya ga optimal. Ferritin? Penyerapan zat besi. Di orang normal angkanya 90, di saya cuma 49. Jadilah, saya berencana infus di akhir minggu. Menurut dokter Yudit, infus zat besi ini ga bakal lama, paling cuma sejam dua jam, jadi ga bakal nginep di RS. Okelah kalo begitu.  #throwback  7 Desember 2014 Hari ini udah rencana banget mau ke RS Hermina Grand Wisata yang deket rumah untuk infus zat besi. Kata dokter Yudit, infus zat besi ga harus di Hermina Bekasi, boleh dimana aja. Toh dokter Yudit udah ngasih keterangan di buku periksa saya. Jadi, rencana awal, sore-sore bakal ke Hermina deket rumah lah. Sepagiannya, saya masih sibuk ngerjain paper UTS karena harus dikumpul besok. Terus siang-siang udah jadi separo lah draftnya, terus karena kecapean plus pusing, itu dra