Skip to main content

Perkara memilih dsa

Assalamualaikum.

Arsena sudah 5 bulan. Tapi baru banget nemu dsa yang oke. Sebelumnya, ke dsa ya cuma buat vaksin. Tapi lama2 galau juga yak, belom dpt dsa yg informatif, pinter, rum, n pro asi. Waktu hamil, saya ga kepikiran untuk mencari dsa karena mikirnya pasti dapet dsa yang oke. Tapi ternyata, mencari dsa yang sesuai dengan apa yang dimau tak mudah.

1. DSA Arsena yang pertama adalah dokter N di RS Hermina Bekasi. Pertemuan perdana dengan dr N ya waktu Arsena lahir..Beliau visit kami..Dokternya ternyata sudah tua, cocok dipanggil eyang dokter. Pertemuan selanjutnya yaitu periksa apakah Arsena kuning atau tidak. Alhamdulillah hasil cek lab oke, dan Arsena ga sempet kuning. Pertemuan selanjutnya yaitu bulan depannya,vaksin. Dokter N ini cukup ramah terhadap anak bayi, keibuan, sayangnya beliau kurang informatif ketika kami tanya.

2. DSA Arsena yang kedua adalah dokter R di RS Hermina Grand Wisata.Kebetulan Hermina ini lebih dekat dengan rumah kami. Kami pergi kesana atas dasar rekomendasi teman-teman yang kebetulan punya anak terlebih dahulu. Di bulan kedua, Arsena ada jadwal vaksin kombo DPT,Hib,Polio.Vaksin tambahannya ada Rotavirus dan PCV. Sampai di RS, kami bertemu dengan dokter R ini. Oke, dr R cukup ramah, cukup baik dalam menjelaskan jadwal vaksin dan cara membaca jadwal, dan mudah akrab dengan anak. Kami bertanya tentang imunisasi tambahan yaitu Rotavirus dan PCV. Beliau menakuti kami seperti ini "vaksin rotavirus ada babinya loh Bu, ibu mau kasih anak ibu babi?" Kami sempat shocked dan akhirnya memutuskan hanya imunisasi kombo DPT Hib Polio Suntik (Infanrix Hexa) dengan beliau. Akhirnya Arsena imunisasi rotavirus di rumah vaksin. Oiya waktu saya konsul, saya sempat tanya " kenapa berat anak saya naiknya ga banyak ya dok?" Dia cuma bilang "minum susunya dibanyakin" tanpa meriksa tumbuh kembang secara detail.

3. Dr E di Rumah Vaksin Summarecon Bekasi. Actually dokter ini bukan dsa. Tapi beliau istri dsa dari founder rumah vaksin. Beliau kurang informatif dalam menjelaskan jadwal vaksinasi plus ga meriksa tumbuh kembang anak sama sekali. Tipe dokter yang diem-diem aja gitu. Jadi akhirnya Arsena cukup sekali deh dtg ke rumah vaksin.

4. Dr R (lagi). Di bulan keempat, Arsena harus imunisasi kombo lagi. Tadinya mau imunisasi ke bidan tapi kok bidannya ga meyakinkan. Bingung mau imunisasi dimana akhirnya balik lagi ke dokter R. Untuk imunisasi wajib, dia oke. Tapi ketika kami minta imunisasi rotavirus, lagi-lagi beliau menunjukkan kontranya "vaksin ini ada babinya loh bu. Gapapa?" Sedangkan saya sudah browsing bahwa vaksin rotavirus sudah halal semua. Memang dokter mau tanggung kalo anak saya kena diare dari rotavirus? Grrrr..akhirnya dia tetep suntikin vaksin rotavirus sih dengan merk yang berbeda dari vaksin sebelumnya. Dia bilang : bulan keenam ga usah vaksin rotavirus lagi ya bu, udah cukup.

Jadi, Arsena vaksin pertama rotavirus pakai merk Rotateq (dosis 3x). Rotavirus kedua pakai merk Rotarix (dosis 2x). Ternyata kedua merk tersebut ga bisa saling menggantikan. Saya akhirnya browsing literatur plus liat milis n forum. JADIII..Arsena harus tetep vaksin rotavirus di bulan keenam pakai merk Rotarix karena dosis Rotarix dua kali.

Sumpah, saya kesel sama dr R. WHY SHE DIDNT TELL US THAT THE VACCINE ARE NOT INTERCHANGEABLE. Kalo emang ga bisa saling menggantikan, ya plis bilang aja ga bisa biar saya ga usah bayar vaksin disitu. Udah segala nakutin vaksinnya ga halal. Plus ga nyaranin kami untuk vaksin rotavirus lagi. Dok, untung saya baca literatur loh..kenapa saya care sama vaksin ini? Karena anak 0-18 bulan lagi di fase oral, masukin semua benda ke mulut. Penting banget jadi imunisasi si rotavirus ini.

Ok, dokter R akhirnya saya coret dari list dokter.

5. Dokter Erwin Lukas, SpA di RS Hermina Grand Wisata. Akhirnya sabtu lalu kami membuat janji ke dokter. Sampai di RS, antrian cukup panjang. Arsena digendong sama ayahnya biar bisa muterin RS dan ga bosen. Saya jagain antrian. Eh pas udah deket antriannya, saya kebelet pipis. Skip satu, barulah kami masuk ke ruangan dokter.
Sampai di dalam, dokternya menanyakan maksud kami. Saya bilang, saya mau periksa tumbuh kembang. Beliau langsung menyapa Arsena dan mengatakan bahwa kontak sosial Arsena sangat baik. Lalu beliau memeriksa Arsena dan menanyakan apakah Arsena sudah bisa berguling atau belum. Lalu dites duduk. Kepalanya sudah tegak. Beliau juga mengecek lingkar kepala,dan alat kelamin (penting loh ini ibu-ibu). Setelah selesai, beliau menjelaskan kepada saya mengenai growth chart( ditunjukkin kenaikan grafiknya). Saya mengeluhkan tentang berat Arsena yang naik sedikit. Beliau mengatakan "wajar bu..memang sudah mendekati waktunya makan" Saya sempat konsultasi tentang vaksinasi plus mpasi juga. Di akhir, saya meminta kontak beliau dan diberikan kartu nama. Poin penting banget niih. Overall, dokternya baik, santai, masih muda, dan keliatan pinter.
Arsena juga seneng sih kemarin itu. Dia ketawa-ketawa waktu diperiksa. Sempet digendong susternya juga. Anak ini emang ekspresif sekali, di ruang dokter ga berenti ngoceh haha..
Pas di ruangan laktasi, saya ketemu ibu-ibu yang jg pasien dokter Erwin Lukas. Si ibu bilang kalo dr Erwin bijak dalam memberi obat. OKEE SIPP lah berarti inshaa allah ke depan bakal jadi dsa-nya Arsena..semoga kali ini jodoh, kayak waktu hamil berjodoh pergi ke dr Yudit haha..

See you next post ya
*Bubu yang abis ngelonin Arsena*

Wassalamualaikum

Comments

  1. Assalamualaikum mba putri..arsena udh 2 tahun ya skrg..masih suka periksa ke dr. Erwin ngga mba?mba putri punya nomor contactny?saya mw konsul masalah vaksin difteri..anak sy juga pasien dr.erwin di hermina bekasi barat..kalau punya tlg info ke galiheka.gep@gmail.com ya mba..trima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum..
    Mba putri, perkenalkan nama saya vani. Maaf mba, apakah mba putri masih suka membawa anak nya konsultasi dengan dokter erwin? Kebetulan 2"nya anak saya pasien dari dokter erwin dan saya juga selalu periksa di hermina grandwisata. Sebelum nya saya gak tau kalau ternyata dokter erwin bisa diminta contact nya dan krn itu saya pun gak pernah bertanya langsung dgn beliau. Hemm, apakah mba putri masih punya contact nya dokter erwin? Kalau masih ada, bisa minta tolong diinfokan ke saya lewat email (sylvani.syahara@gmail.com) gak mba? Terima kasih mba :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Testpack : (finally) Dua garis

Assalamualaikum. #latepost Jadwal haid saya emang ga teratur, kadang mundur, kadang maju. Tapi untuk belakangan ini jadwal haid saya selalu maju. Saya juga pelupa banget, sampe akhirnya donlod aplikasi kalender pengingat jadwal haid. Jadwal haid saya bulan lalu di tanggal 10 Februari, estimasi tanggal haid saya di bulan Maret ini seharusnya sekitar tanggal 8/9 Maret.  Saya iseng testpack tanggal 8 Maret 2013, tapi hasil testpack negatif. Ya saya langsung buang lah. Saya cerita sama suami saya. Eh dia bilangnya gini "setiap kali km testpack, kok aku ga pernah ditunjukkin hasilnya ya". Lah ternyata si pak suami mau tau toh, haha. Baiklah besok-besok akan saya tunjukkin. Tanggal 11 Maret 2013 malam, saya belum haid juga. Payud*ra sih udah ngilu-ngilu, perut juga udah kram banget. Saya udah ngira kalo saya akan haid segera. Tapi pas pulang kuliah malem, saya minta anter ke K-24 dulu buat beli testpack. Saya beli dua testpack, yang murah dan yang lebih mahal biar ga s

Infus Zat Besi : Katanya sih ga sakit

Assalamualaikum Waktu usia kehamilan 9w4d di tanggal 1 Desember, saya kontrol ke dokter Yudit kan ya. Nah, di sesi konsultasi, dokter Yudit minta saya untuk segera infus zat besi karena hasil lab ferritin saya ga optimal. Ferritin? Penyerapan zat besi. Di orang normal angkanya 90, di saya cuma 49. Jadilah, saya berencana infus di akhir minggu. Menurut dokter Yudit, infus zat besi ini ga bakal lama, paling cuma sejam dua jam, jadi ga bakal nginep di RS. Okelah kalo begitu.  #throwback  7 Desember 2014 Hari ini udah rencana banget mau ke RS Hermina Grand Wisata yang deket rumah untuk infus zat besi. Kata dokter Yudit, infus zat besi ga harus di Hermina Bekasi, boleh dimana aja. Toh dokter Yudit udah ngasih keterangan di buku periksa saya. Jadi, rencana awal, sore-sore bakal ke Hermina deket rumah lah. Sepagiannya, saya masih sibuk ngerjain paper UTS karena harus dikumpul besok. Terus siang-siang udah jadi separo lah draftnya, terus karena kecapean plus pusing, itu dra

Review : RS Hermina Bekasi Barat

Assalamualaikum Kalo yang orang Bekasi, pasti top-mind RS buat melahirkan dan periksa kandungan ya pasti RS Hermina. Soalnya dokter-dokter kandungan di RS ini banyak pilihan, dari dokter junior sampe dokter senior. RS Hermina ini juga punya 3 cabang di Bekasi. RS Hermina Bekasi, adanya di Bekasi Barat . Ini RS Hermina yang terlama di Bekasi. Yang kedua, RS Hermina Grand Wisata, yang lebih deket sama tol Bekasi Timur atau Tol Tambun. Yang terakhir, RS Hermina Galaxy, yang menjangkau selatan-nya Bekasi. Keren kan? Yang suka nge-bully Bekasi, sini mampir.. Bekasi ga kekurangan fasilitas RS loh :)  Yang mau saya review, RS Hermina Bekasi Barat yaa, kebetulan saya kontrol kandungan disini. Sempet nginep 3 hari dua malam juga hahaha. Meskipun beberapa kali ke RS Hermina Grand Wisata yang lebih deket sama rumah saya. Oiya, jadi mau review dikit tentang RS Hermina ini, ga detail-detail amat yak, soalnya kan belum sefasih yang udah pernah lahiran disini :) Plus : 1. Dokter kandun