Skip to main content

Peralatan ASIP

Assalamualaikum..

Selama ini lagi aktif jadi silent reader blog aja. Mau nulis tapi ga ada waktu. Kejar-kejaran terus sama waktu ujian kampus. Huhu. 

Alhamdulillah, Arsena sudah mau 4 bulan. Alhamdulillah masih mimi ASI. Semoga bisa kasih ASI sampe 2 tahun, aamiin. Jadi selama saya mulai aktif kuliah lagi, Arsena dijagain sama eyang (mertua saya)/enin (ibu saya)-nya. Sebenernya saya ga selalu ninggalin rumah setiap hari, tapi saya pasti ninggalin Arsena untuk bikin laporan di ruang yang berbeda. Saya minggat ke kamar belakang while Arsena ada di kamar depan. Jadi setiap hari Arsena minum ASIP kalo lagi dijagain sama neneknya. Waktu di awal-awal melahirkan, saya sudah mulai pumping. Saya mulai ninggalin Arsena waktu umurnya 1,5 bulan. DRAMA. Pegawai kantoran juga cutinya masih lebih banyak dibanding saya. Iyaa, saya emang ga cuti kuliah jadi dari lahiran ke kuliah cuma jeda sebulan lebih karena libur semester -_- 

Seminggu setelah melahirkan, saya udah mulai stok ASIP. Awalnya cuma bisa pumping 20-30 ml. Lama-lama makin banyak. Sampai akhirnya bisa menuhin freezer. Don't ask about number. Saya ga ngitungin jumlah ASIPnya, haha. Yang penting freezer penuh, hati pun riang. Peralatan perang saya buat meng-ASI sebagai berikut :

1. Breastpump Pigeon Manual
Kenapa pilih ini? Ga milih, gratis! Ini lungsuran dari kakak saya. Kebetulan ga kepake sama dia, jadinya dilungsurin ke saya. Setengah dewa deh ni pompa ASI. Waktu awal dipake rasanya sakit, mungkin karena ga biasa ya. Lama kelamaan makin enak dipake-nya dan bisa mancing LDR berkali-kali. Bisa ngosongin payudara sampe kosong banget juga. Kekurangannya cuma 1, pegel! Tuasnya keras banget.

2. Sterilizer Crown
Alhamdulillah kalo yang ini dapet kado. Sterilizer kepake banget untuk steril botol plus pompa-nya. Kekurangannya cuma satu, suka masih basah kalo abis dari sterilizer. Jadi solusinya, abis di steril, mesti dibalik-balikin botolnya. 

3. Botol ASIP
Saya beli botol tutup karet baru dan beli botol U100 second. Saya lebih suka yang botol tutup karet sih karena lebih gampang dicuci plus ada ukuran garis di 100ml. Jadi lebih keitung.

4. Plastik ASIP
Saya pake plastik ASIP merk Natur. Enaknya pake plastik ga menuhin kulkas plus ada ukuran mili-nya. Tapi kurangnya, ASIP-nya jadi agak bau plastik, Arsena ngabisin ASIPnya agak lama kalo minum ASIP dari plastik. Oiya, beberapa plastik ASIP saya ada yang bocor jadi kepaksa mesti dibuang -__-

5. Cooler Bag Pigeon Fridge to Go
Lagi-lagi ini lungsuran. Kalo beli sendiri harganya mahal, haha. Cooler bag ini dilengkapin sama blue ice 2 biji. Ketahanan dinginnya cuma sampe 6 jam kalo cuma ngandelin blue ice. Tapi kalo ditambahin ige gel, bisa sampe 10-12 jam lah. Isi tasnya bisa untuk 1 breastpump dan 6 botol. Kelebihannya ni ya, bisa diselempangin, enak banget buat naik motor.

6. Cooler bag Gabag-Picnic
Saya suka banget sama cooler bag-nya Gabag. Motifnya cantik-cantik. Harganya terjangkau plus bonus ige gel pula. Tas-nya ada dua bagian. Bagian atas untuk simpen pompa, bagian bawah untuk simpen botol. Kurangnya cuma satu, talinya pendek. Jadi agak berat kalo dijinjing.

7. Breastpad
Saya pake breastpad Mamapad yang disposable alias sekali pakai buang kalo lagi keluar rumah. Takut rembes huhu. 

8. Mukena
Loh kok mukena? Sebagai mahasiswi yang masih menclok dimana-mana, susah sekali untuk nemuin ruang laktasi.Solusinya cuma 1, pumping di mushola dan pake mukena!

9. Tissue

10. Hand Sanitizer

11. Botol Minum
Jangan lupa minum sebelum dan sesudah pumping karena haussss!

12. Dot Pigeon wideneck
Kalo lagi dijagain sama ibu saya, Arsena kepaksa minum asip dari dot. Semoga ga bingung puting ya nak.

13. Sendok+Wadah
Kalo dijagain sama mertua saya, Arsena minum dari sendok kecil. Awalnya tumpah-tumpah, makin kesini makin pinter minumnyaa.


Fiuh. Perjuangan ini masih panjang. Mohon doa-nya supaya saya bisa kasih ASI untuk Arsena.
Mari meng-ASI dengan keras kepala! :))

Wassalamualaikum

Comments

Popular posts from this blog

Testpack : (finally) Dua garis

Assalamualaikum. #latepost Jadwal haid saya emang ga teratur, kadang mundur, kadang maju. Tapi untuk belakangan ini jadwal haid saya selalu maju. Saya juga pelupa banget, sampe akhirnya donlod aplikasi kalender pengingat jadwal haid. Jadwal haid saya bulan lalu di tanggal 10 Februari, estimasi tanggal haid saya di bulan Maret ini seharusnya sekitar tanggal 8/9 Maret.  Saya iseng testpack tanggal 8 Maret 2013, tapi hasil testpack negatif. Ya saya langsung buang lah. Saya cerita sama suami saya. Eh dia bilangnya gini "setiap kali km testpack, kok aku ga pernah ditunjukkin hasilnya ya". Lah ternyata si pak suami mau tau toh, haha. Baiklah besok-besok akan saya tunjukkin. Tanggal 11 Maret 2013 malam, saya belum haid juga. Payud*ra sih udah ngilu-ngilu, perut juga udah kram banget. Saya udah ngira kalo saya akan haid segera. Tapi pas pulang kuliah malem, saya minta anter ke K-24 dulu buat beli testpack. Saya beli dua testpack, yang murah dan yang lebih mahal biar ga s

Review : RS Hermina Bekasi Barat

Assalamualaikum Kalo yang orang Bekasi, pasti top-mind RS buat melahirkan dan periksa kandungan ya pasti RS Hermina. Soalnya dokter-dokter kandungan di RS ini banyak pilihan, dari dokter junior sampe dokter senior. RS Hermina ini juga punya 3 cabang di Bekasi. RS Hermina Bekasi, adanya di Bekasi Barat . Ini RS Hermina yang terlama di Bekasi. Yang kedua, RS Hermina Grand Wisata, yang lebih deket sama tol Bekasi Timur atau Tol Tambun. Yang terakhir, RS Hermina Galaxy, yang menjangkau selatan-nya Bekasi. Keren kan? Yang suka nge-bully Bekasi, sini mampir.. Bekasi ga kekurangan fasilitas RS loh :)  Yang mau saya review, RS Hermina Bekasi Barat yaa, kebetulan saya kontrol kandungan disini. Sempet nginep 3 hari dua malam juga hahaha. Meskipun beberapa kali ke RS Hermina Grand Wisata yang lebih deket sama rumah saya. Oiya, jadi mau review dikit tentang RS Hermina ini, ga detail-detail amat yak, soalnya kan belum sefasih yang udah pernah lahiran disini :) Plus : 1. Dokter kandun

Infus Zat Besi : Katanya sih ga sakit

Assalamualaikum Waktu usia kehamilan 9w4d di tanggal 1 Desember, saya kontrol ke dokter Yudit kan ya. Nah, di sesi konsultasi, dokter Yudit minta saya untuk segera infus zat besi karena hasil lab ferritin saya ga optimal. Ferritin? Penyerapan zat besi. Di orang normal angkanya 90, di saya cuma 49. Jadilah, saya berencana infus di akhir minggu. Menurut dokter Yudit, infus zat besi ini ga bakal lama, paling cuma sejam dua jam, jadi ga bakal nginep di RS. Okelah kalo begitu.  #throwback  7 Desember 2014 Hari ini udah rencana banget mau ke RS Hermina Grand Wisata yang deket rumah untuk infus zat besi. Kata dokter Yudit, infus zat besi ga harus di Hermina Bekasi, boleh dimana aja. Toh dokter Yudit udah ngasih keterangan di buku periksa saya. Jadi, rencana awal, sore-sore bakal ke Hermina deket rumah lah. Sepagiannya, saya masih sibuk ngerjain paper UTS karena harus dikumpul besok. Terus siang-siang udah jadi separo lah draftnya, terus karena kecapean plus pusing, itu dra