Skip to main content

Tut..Tut..Tutut Bumbu Kuning

Assalamualaikum..

Apa sih Tutut?Ada yang belum pernah dengar?
Tutut itu keong sawah, hidupnya di sawah. Dulu sih dianggapnya hama sawah, sekarang malah dicari-cari karena dagingnya enak dan punya protein tinggi. Sebelumnya saya udah pernah beli tutut matang di penjual tutut, yang harganya 4000/plastik kecil, dan saya ga begitu doyan. Waktu hari minggu lalu, saya dan kakak saya pergi ke pasar, terus liat di penjual ikan, ternyata ada yang jual tutut, kami beli akhirnya, harganya cukup murah 15.000/kg. Di pasar juga, kami bertanya cara masaknya ke si penjual. Si penjual malah menyarankan untuk membeli bumbu kuning di tukang bumbu jadi, tapi saya tidak mau, karena biasanya pedagang bumbu suka mengawetkan dagangannya :( Akhirnya kami pulang ke rumah.

Keesokan harinya, sambil mengisi waktu, akhirnya saya mencari resep tutut bumbu kuning di google, saya modifikasi karena saya hanya memasak setengah kilo tutut, sedangkan resep lain banyakan untuk 2 kg tutut. Sebelum dimasak, tutut harus dibersihkan terlebih dahulu. Cara membersihkannya :

1. Tutut direndam di wadah yang berisikan air (harusnya semalaman, tapi saya tidak)
2. Setelah satu jam, ganti air rendaman karena air akan berubah warna menjadi coklat kehitaman. Setelah air diganti, aduk tutut (boleh menggunakan tangan atau sendok), agar kotoran tutut lepas dari cangkang. Setelah tutut cukup bersih, cuci tutut lagi di bawah air yang mengalir, sambil menggosok cangkang tutut.
3. Setelah tutut selesai dibersihkan, rendam tutut lagi dengan menggunakan air yang dicampur dengan air perasan 1 buah jeruk nipis, agar tutut tidak berbau amis. Rendam selama 1 jam.

liat jeruk nipisnya kan?


4. Setelah bersih, sisihkan tutut di wadah kering.

Oh iya,jika yang tidak biasa, maka tangan akan gatal setelah membersihkan tutut, karena tidak tahu kan lumpur apa yang menempel di badan tutut. Bersihkan tangan dengan sabun setelah mencuci tutut.

Setelah tutut bersih, mari kita masak-masak :)

Bahan :
1. Bawang merah 4 butir, haluskan
2. Bawang putih 4 butir, haluskan
3. Kunyit sebesar kelingking, haluskan
4. Lengkuas sebesar setengah kelingking, haluskan
5. Minyak secukupnya
6. Daun Salam
7. Sebatang sereh
8. Air sesuai selera
9. Garam 1 sendok teh (sesuai selera)
10. Gula 1 sendok makan (sesuai selera)
11. Cabai rawit/cabai merah yang dihaluskan (sesuai selera)
12. Tutut yang sudah dibersihkan, pastinya
13. Daun Bawang

Cara memasak :
1. Panaskan minyak hingga panas, setelah itu tumis bawang merah, bawang putih dan lengkuas
2. Setelah harum, masukkan tutut ke dalam penggorengan, serta tambahkan air secukupnya
3. Setelah itu, masukkan kunyit, salam, dan sereh
4. Masukkan garam, gula, daun bawang serta cabai

diaduk sampai semua bumbu tercampur rata yaa

5. Aduk-aduk tutut hingga bumbu tercampur rata
6. Setelah matang, angkat tutut dan sajikan.

Cara memakan tutut :
1. Siapkan tusuk gigi
2. Buka tutup cangkang
3. Apabila tutup cangkang sudah terbuka, tusuk daging tutut menggunakan tusuk gigi
4. Di dalam daging, suka ada kotoran tutut yang menempel, singkirkan menggunakan tangan
5. Cocol menggunakan saus
6. Cicipi kuah kuning menggunakan sendok



Siap mencoba?Selamat makaaaannnn,,slruppp!

Wassalamualaikum

Note : dilarang keras menjiplak tulisan saya. cantumkan sumber apabila ingin mengkopi.

Comments

  1. aahhh tutuutt...aku padamuu...endeus banget ini mbak putri. tapi saya belum pernah masaknya, slalu beli aja deh yang ringkes, abis malesin cuci2nya hehehehe

    ReplyDelete
  2. Pasar ikan nya dimana sist??? Saya kangen sama tutut..wkt itu di jalan baru skitar stat.kranji ada yg menjual tutut 5000 buanyak dan saus ny ABC gtu saya langganan udah 3bln di situ soal ny cuma ada d hari sabtu dan minggu dan srek nyaman aj sm pedagang ny bersih..tapi stlah sebulan sya g beli..pas dateng lagi udah gak ada :( :( .. Pdhl jarang2 ada yg enak gtu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belanja di pasar deket rumah mba :)
      kalo cari tutut, coba cari di depan asrama haji bekasi, setau saya banyak yang jual :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Testpack : (finally) Dua garis

Assalamualaikum. #latepost Jadwal haid saya emang ga teratur, kadang mundur, kadang maju. Tapi untuk belakangan ini jadwal haid saya selalu maju. Saya juga pelupa banget, sampe akhirnya donlod aplikasi kalender pengingat jadwal haid. Jadwal haid saya bulan lalu di tanggal 10 Februari, estimasi tanggal haid saya di bulan Maret ini seharusnya sekitar tanggal 8/9 Maret.  Saya iseng testpack tanggal 8 Maret 2013, tapi hasil testpack negatif. Ya saya langsung buang lah. Saya cerita sama suami saya. Eh dia bilangnya gini "setiap kali km testpack, kok aku ga pernah ditunjukkin hasilnya ya". Lah ternyata si pak suami mau tau toh, haha. Baiklah besok-besok akan saya tunjukkin. Tanggal 11 Maret 2013 malam, saya belum haid juga. Payud*ra sih udah ngilu-ngilu, perut juga udah kram banget. Saya udah ngira kalo saya akan haid segera. Tapi pas pulang kuliah malem, saya minta anter ke K-24 dulu buat beli testpack. Saya beli dua testpack, yang murah dan yang lebih mahal biar ga s

Review : RS Hermina Bekasi Barat

Assalamualaikum Kalo yang orang Bekasi, pasti top-mind RS buat melahirkan dan periksa kandungan ya pasti RS Hermina. Soalnya dokter-dokter kandungan di RS ini banyak pilihan, dari dokter junior sampe dokter senior. RS Hermina ini juga punya 3 cabang di Bekasi. RS Hermina Bekasi, adanya di Bekasi Barat . Ini RS Hermina yang terlama di Bekasi. Yang kedua, RS Hermina Grand Wisata, yang lebih deket sama tol Bekasi Timur atau Tol Tambun. Yang terakhir, RS Hermina Galaxy, yang menjangkau selatan-nya Bekasi. Keren kan? Yang suka nge-bully Bekasi, sini mampir.. Bekasi ga kekurangan fasilitas RS loh :)  Yang mau saya review, RS Hermina Bekasi Barat yaa, kebetulan saya kontrol kandungan disini. Sempet nginep 3 hari dua malam juga hahaha. Meskipun beberapa kali ke RS Hermina Grand Wisata yang lebih deket sama rumah saya. Oiya, jadi mau review dikit tentang RS Hermina ini, ga detail-detail amat yak, soalnya kan belum sefasih yang udah pernah lahiran disini :) Plus : 1. Dokter kandun

Infus Zat Besi : Katanya sih ga sakit

Assalamualaikum Waktu usia kehamilan 9w4d di tanggal 1 Desember, saya kontrol ke dokter Yudit kan ya. Nah, di sesi konsultasi, dokter Yudit minta saya untuk segera infus zat besi karena hasil lab ferritin saya ga optimal. Ferritin? Penyerapan zat besi. Di orang normal angkanya 90, di saya cuma 49. Jadilah, saya berencana infus di akhir minggu. Menurut dokter Yudit, infus zat besi ini ga bakal lama, paling cuma sejam dua jam, jadi ga bakal nginep di RS. Okelah kalo begitu.  #throwback  7 Desember 2014 Hari ini udah rencana banget mau ke RS Hermina Grand Wisata yang deket rumah untuk infus zat besi. Kata dokter Yudit, infus zat besi ga harus di Hermina Bekasi, boleh dimana aja. Toh dokter Yudit udah ngasih keterangan di buku periksa saya. Jadi, rencana awal, sore-sore bakal ke Hermina deket rumah lah. Sepagiannya, saya masih sibuk ngerjain paper UTS karena harus dikumpul besok. Terus siang-siang udah jadi separo lah draftnya, terus karena kecapean plus pusing, itu dra